Enam Ekor Burung Langka Dievakuasi ke BBKSDA Jatim
Logo BeritaSatu

Enam Ekor Burung Langka Dievakuasi ke BBKSDA Jatim

Senin, 7 Januari 2019 | 16:51 WIB
Oleh : YUD

Jember - Sebanyak enam ekor dari ratusan burung langka yang dilindungi hasil sitaan aparat Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur yang dikabarkan terlantar di penangkaran ilegal CV Bintang Terang yang berada di Kabupaten Jember akhirnya dievakuasi ke Kantor Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur di Surabaya.

"Berdasarkan laporan yang kami terima, ada enam ekor burung yang dievakuasi ke BBKSDA Jatim untuk upaya penyelamatan, agar burung tersebut bisa bertahan hidup," kata Kepala Bidang Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah III Kabupaten Jember Setyo Utomo di Jember, Senin (7/1).

Menurut dia, enam ekor burung yang dievakuasi tersebut terdiri dari dua ekor burung Kakaktua besar jambul kuning (cacatua galerita triton), dua ekor Kakaktua medium jambul kuning (cacatua galerita eleonora), dan dua Kakaktua tanimbar (cacatua goffiniana).

"Enam ekor burung yang dievakuasi tersebut sebagian besar karena sakit karena berdasarkan pemeriksaan tim di lapangan menyebutkan sebanyak lima ekor burung sakit yakni dua ekor Kakaktua medium jambul kuning sebanyak dua ekor, dua ekor kakaktua tanimbar, dan satu ekor burung Nuri bayan," ujarnya.

Jumlah burung langka yang berada di penangkaran ilegal CV Bintang Terang di Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember hingga 5 Januari 2019 sebanyak 408 ekor dengan rincian 231 ekor Nuri bayan (Elektus roratus), 82 ekor Kakatua tanimbar (Cacatua goffininana), 28 ekor Kakatua besar jambul kuning (Cacatua galerita triton), dan 67 ekor Kakatua medium jambul kuning (Cacatua galerita eleonora).

"Delapan ekor burung dilaporkan mati karena berbagai sebab, namun petugas BKSDA Wilayah III Jember setiap hari melakukan pengawasan dan pemantauan di lokasi penangkaran CV Bintang Terang untuk memantau kondisi satwa langka yang dilindungi itu," katanya.

Setyo menjelaskan pihak BKSDA akan menyuplai pakan ternak ratusan burung di penangkaran tersebut selama dua pekan ke depan, sambil melakukan koordinasi dengan BBKSDA Jatim dan lembaga konservasi lainnya untuk mencari solusi terkait dengan keberlangsungan hidup ratusan burung langka yang disita Polda Jatim tersebut.

Sebelumnya Polda Jawa Timur mengamankan sebanyak 443 ekor burung langka yang dilindungi dari sebuah perusahaan penangkaran CV Bintang Terang berada di Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember pada pada Oktober 2018 karena usaha penangkaran burung CV Bintang Terang tersebut tidak memiliki izin yang sah.

Direktur CV Bintang Terang, Liau Djin Ai ditahan oleh Kejaksaan Negeri Jember untuk menjalani proses hukum yang saat ini sudah memasuki tahap II.



Sumber: ANTARA


BAGIKAN




BERITA LAINNYA

Vanessa dan Avriellia Pamitan ke Polda Jatim

Artis Vanessa Angel yang terlibat kasus prostitusi daring kembali datang ke Mapolda Jawa Timur di Surabaya, Senin (7/1).

NASIONAL | 7 Januari 2019

Menag Lantik Rektor UIN Jakarta

Menteri Agama melantik Amany Burhanuddin Umar Lubis sebagai rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Senin (7/1).

NASIONAL | 7 Januari 2019

Polda Jatim Blokir 5 Rekening Terkait Kasus Prostitusi Online

Untuk kepentingan penyidikan polisi memblokir seluruh rekening pihak yang diamankan dalam penggerebekan prostitusi online

NASIONAL | 7 Januari 2019

Pelajar Korban Tsunami Kembali Bersekolah

Para pelajar, baik SD, SMP dan SMA/SMK/MA korban tsunami Pandeglang kembali mengikuti proses kegiatan belajar mengajar di sekolah, Senin (7/1).

NASIONAL | 7 Januari 2019

Tahun Politik, Presiden: Jaga Stabilitas Keamanan

Presiden memerintahkan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban jelang Pemilu.

NASIONAL | 7 Januari 2019

Soal Cuitan Andi Arief, Polisi: Tunggu Tanggal Mainnya

Polri mengaku telah mengetahui creator dan buzzer di balik hoax tentang tujuh juta surat suara yang telah dicoblos.

NASIONAL | 7 Januari 2019

Sekolah Dijadikan Posko, Puluhan Pelajar di Cisolok Belum Bisa Belajar

Puluhan pelajar SMP Negeri 3 Cisolok Satu Atap belum bisa belajar di hari pertama sekolah

NASIONAL | 7 Januari 2019

Dinkes Bogor: 5 Rumah Sakit di Bogor Sedang Proses Akreditasi

Dinkes Kabupaten Bogor dan sejumlah rumah sakit di Bogor ajukan dispensasi akreditasi ke BPJSK

NASIONAL | 7 Januari 2019

Satgas Mafia Bola Incar Vigit Waluyo Jadi Tersangka

VW diduga bersekongkol dengan Mbah Putih melakukan match fixing PS Mojokerto.

NASIONAL | 7 Januari 2019

Pemberantasan Korupsi Kian Efektif Berkat Teknologi Informasi

Banyak yang ketakutan dengan apa yang sudah dikerjakan oleh pemerintah.

NASIONAL | 7 Januari 2019


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS