Bawaslu Berikan Kepastian Status Bima Arya Pekan Depan

Bawaslu Berikan Kepastian Status Bima Arya Pekan Depan
Wali Kota Bogor Bima Arya memberikan keterangan pers usai memenuhi pemanggilan di Kantor Bawaslu Jalan Bantarjati, Kota Bogor, 11 Januari 2019. ( Foto: BeritaSatu Photo / Vento Saudale )
Vento Saudale / FER Jumat, 11 Januari 2019 | 21:19 WIB

Bogor - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bogor telah menerima 15 klarifikasi Wali Kota Bogor, Bima Arya, terkait kehadirannya dalam kampanye Cawapres 01 KH Ma'ruf Amin. Bawaslu akan memutuskan kepastian status Bima melanggar atau tidak pada pekan depan.

Ketua Bawaslu Kota Bogor, Yustinus Elyas menuturkan, pemeriksaan terhadap wali kota merupakan tahap mengumpulan data dan keterangan, yang sebelumnya sudah juga dilakukan kepada PPKD dan tim pemenangan daerah.

"Ini baru sampai tahap awal pengumpulan data dan keterangan dari pak wali. Ada 15 pertanyaan kepada beliu mengenai alur dirinya menghadiri undangan hingga selesai," kata Yustinus, Jumat (11/1).

Yustinus mengatakan, usai mengumpulkan data-data, pihaknya bersama tim akan melakukan rapat pleno dan dalam rapat tersebut akan diuji apakah tindakan wali kota yang juga Waketum PAN Bima Arya memenuhi unsur pelanggaran atau tidak. Pelanggaran yang dimaksud yakni menyalahgunakan kekuasaan sebagai kepada daerah guna melakukan praktik politik aktif.

"Kita mempunyai jangka waktu tujuh hari untuk memproses hingga rapat pleno. Kemungkinan rapat pleno dilakukan Selasa pekan depan dan pada saat itu akan diputuskan memenuhi pelanggaran atau tidak," paparnya.

 



Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE