Pemerintah Bayar Tunggakan Pembangunan Pesawat ke Korsel

Pemerintah Bayar Tunggakan Pembangunan Pesawat ke Korsel
ilustrasi Pesawat tempur KFX ( Foto: istimewa / Istimewa )
Robertus Wardi / MPA Jumat, 18 Januari 2019 | 19:45 WIB

 

Jakarta - Pemerintah telah membayar tunggakan pengembangan dan pembangunan pesawat tempur KFX ke Korea Selatan (Korsel). Total tunggakan mencapai Rp 1,4 triliun.

"Oh yah sudah. Tunggakan kita selama 2017 sudah dibayarkan sekitar Rp 1,4 triliun," kata Sekjen Kementerian Pertahanan (Kemhan)  Marsdya TNI Hadiyan Sumintaatmadja di Jakarta, Jumat (18/1).

Ia menjelaskan kerja sama dengan Korsel dalam pembangunan KFX tetap dilanjutkan. Namun pemerintah Indonesia meminta renegosiasi ulang.‎ Beberapa poin diminta renegosiasi kembali kesepakatannya. Sampai saat ini, tahapan itu masih berjalan dan belum mulai kembali pembangunan.

Sebagaimana diketahui, Indonesia dan Korsel sedang mengembangkan pembangunan pesawat tempur Korean Fighter Xperiment/Indonesia Fighter Xperiment (KFX/IFX). Kerjasama itu telah dimulai‎ 9 Maret 2009 lalu.
Total pembiayaan proyek sampai 2026 ini direncanakan sekitar 8 miliar dollar Amerika Serikat dan dibagi antara Korsel (80%) dan Indonesia (20%).

Tahun 2018 lalu, Indonesia mengajukan renegosiasi ulang.‎ Beberapa poin yang direnegosi ulang adalah masalah pembiayaan, ongkos produksi, pemasaran, hingga alih teknologi hingga hak kekayaan intelektual. Renegosiasi berlangsung dalam satu tahun dan ditargetkan selesai pada pertengahan 2019 



Sumber: Suara Pembaruan