KPU: 4 Parpol Bersih dari Caleg Eks Koruptor

KPU: 4 Parpol Bersih dari Caleg Eks Koruptor
Ketua KPU Arif Budiman (tiga kiri), didampingi lima Komisioner KPU (kiri ke kanan), Hasyim Asy’ari, Pramono Ubaid, Ilham Saputra, Wahyu Setiawan, dan Evi Novida Ginting Manik, saat mengumumkan daftar caleg peserta pemilu 2019 dari berbagai partai yang berstatus mantan terpidana korupsi, di media center KPU Pusat, Jakarta, Rabu 30 Januari 2019. ( Foto: SP/Joanito De Saojoao. / SP/Joanito De Saojoao. )
Yustinus Paat / WM Rabu, 30 Januari 2019 | 22:47 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman mengungkapkan, hanya ada empat partai politik (parpol) nasional yang bersih dari caleg eks koruptor. Sementara itu, 12 parpol nasional lainnya mempunyai caleg eks koruptor dengan jumlah bervariasi.

"Dari 16 parpol nasional peserta Pemilu 2019, hanya Nasdem, PKB, PPP dan PSI yang tidak memiliki caleg eks koruptor," ujar Arief Budiman saat konferensi pers yang dihadiri Beritasatu.com, di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (30/1) malam.

Arief Budiman mengatakan, 12 parpol lainnya menyumbangkan 40 caleg eks koruptor. Ke-12 parpol ini menyumbang caleg eks koruptor di tingkat DPRD provinsi, DPRD kabupaten, dan DPRD kota. Sementara tingkat DPR RI tidak ada caleg eks koruptor.

"Secara keseluruhan, untuk DPRD provinsi ada 16 caleg eks koruptor sementara untuk DPRD kabupaten/kota ada 24 caleg eks koruptor. Jadi, total caleg DPRD provinsi, kabupaten/kota yang merupakan eks koruptor sebanyak 40 orang," kata Arief Budiman.

Dari jumlah 40 caleg eks koruptor tersebut, terbanyak terdapat di Partai Golkar sebanyak 8 orang, Partai Gerindra 6 orang, Hanura 5 orang, Partai Berkarya, Demokrat dan PAN masing-masing ada 4 orang. Kemudian, Partai Garuda, PKPI, Perindo masing-masing mempunyai 2 orang caleg eks koruptor serta PDIP, PKS dan PBB mempunyai masing-masing 1 orang



Sumber: BeritaSatu.com