Erupsi, Gunung Karangetang Berstatus Siaga

Erupsi, Gunung Karangetang Berstatus Siaga
Puncak gunung api Karangetang terpantau dari laut bagian barat Pulau Siau, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, 7 Februari 2019. Gunung tersebut masih mengeluarkan kepulan asap putih serta muntahan material vulkanik berupa lahar, batuan serta pasir sejauh 3.500 meter dan telah mencapai garis pantai. ( Foto: Antara / Adwit B Pramono )
Ahmad Salman / AIS Minggu, 10 Februari 2019 | 20:19 WIB

Siau, Beritasatu.com - PVMBG menyimpulkan kondisi Gunung Karangetang di Kabupaten Siau, Kepulauan Sitaro, Ahad (10/2), masih fluktuatif. Kondisi kegempaan didominasi gempa guguran dan embusan dengan luncuran lava 3.500 meter dari puncak kawah ke arah Kali Malibuhe yang bermuara ke laut.

Status Gunung Karangetang masih siaga atau level tiga dengan status kebencanaan tanggap darurat. Pantauan beritasatu.com, Gunung Karangetang masih erupsi mengeluarkan lelehan larva.

Sementara ratusan warga Desa Batu Bulan dan Desa Niambangeng terpaksa mengungsi di Kelurahan Siau Barat. Mayoritas pengungsi adalah perempuan dan anak-anak.

Ahad pagi mereka mengikuti ibadah minggu yang digelar di pengungsian. Mereka juga diberikan pendampingan untuk saling memberi motivasi dan semangat.



Sumber: BeritaSatu TV