Gempa Bumi di Kabupaten Bandung Berpusat di Darat

Gempa Bumi di Kabupaten Bandung Berpusat di Darat
Ilustrasi gempa bumi. ( Foto: Istimewa )
Adi Marsiela / JEM Senin, 11 Februari 2019 | 14:27 WIB

Bandung, Beritasatu.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika melansir gempa bumi tektonik dengan magnitude 4,4 yang pusatnya di darat atau 17 kilometer tenggara Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada kedalaman 10 kilometer, Senin (11/2).

Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Bandung, Toni Agus Wijaya mengungkapkan gempa terjadi pada pukul 13:08 WIB. Berdasarkan lokasi dan kedalaman pusat gempa, ungkap Agus, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Garsela (Garut Selatan) di sekitar wilayah tersebut.

"Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Bojongsoang dan Banjaran, Kabupaten Bandung hingga II MMI (Modified Mercalli Intensity)," papar Agus dalam pesan singkatnya.

Hingga saat ini, katanya, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. "Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami," katanya.

Selain itu, sambung Agus, monitoring institusinya belum memperlihatkan adanya aktivitas gempa susulan hingga pukul 13:35 WIB.



Sumber: Suara Pembaruan