Hari Ini Fachrori Umar Dilantik Jadi Gubernur Jambi

Hari Ini Fachrori Umar Dilantik Jadi Gubernur Jambi
Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar. ( Foto: Antara )
Radesman Saragih / JAS Rabu, 13 Februari 2019 | 08:10 WIB

Jambi, Beritasatu.com - Wakil Gubernur Jambi, Fachrori Umar yang menjabat Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi sejak 10 April 2018 akhirnya resmi dilantik menjadi Gubernur Jambi. Pelantikan Fachrori Umar dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersamaan dengan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistyanto Dardak di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/2).

"Fachrori Umar dipastikan dilantik menjadi Gubernur Jambi hari ini, Rabu (13/2). Fachrori Umar bersama 72 orang undangan dari Jambi sudah berada di Jakarta sejak Selasa (12/2). Usai pelantikan, Fachrori Umar akan mengadakan pertemuan dengan berbagai investor dan warga masyarakat Jambi di Jakarta," kata Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi, Johansyah yang dihubungi SP di Jakarta, Rabu (13/2) pagi.

Menurut Johansyah, Fachrori Umar menjabat Plt Gubernur Jambi pascapenahanan mantan Gubernur Jambi, Zumi Zola oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus suap pengesahan APBD Provinsi Jambi 2018, 10 April 2018. Setelah Zumi Zola divonis hukuman enam tahun penjara, 6 November 2018 dan kini menjalani masa hukuman di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, Fachrori Umar pun akhirnya resmi menggantikan Zumi Zola.

Dijelaskan, Fachrori Umar akan kembali ke Jambi untuk melaksanakan tugas sebagai Gubernur Jambi, Minggu (17/2). Fachrori Umar akan disambut secara khusus dengan acara adat Jambi di Bandara Sultan Thaha Syaifuddin (STS) Kota Jambi.

Setelah itu Fachrori Umar akan mengadakan jamuan makan malam dengan tokoh masyarakat Jambi di rumah dinas Gubernur Jambi, Minggu malam.

Mengenai pengganti Fachrori Umar sebagai Wakil Gubernur Jambi hingga tahun 2021, Johansyah mengatakan, hal tersebut belum dibahas. Pengisian jabatan Wakil Gubernur Jambi akan dibahas selanjutnya di DPRD Provinsi Jambi.



Sumber: Suara Pembaruan