Kerja Sama dengan APSC Diharapkan Tingkatkan Kualitas SDM Aparatur RI

Kerja Sama dengan APSC Diharapkan Tingkatkan Kualitas SDM Aparatur RI
Menteri PANRB Syafruddin menerima kunjungan Commissioner of APSC Peter Woolcott di Kantor Kementerian PANRB. ( Foto: Beritasatu TV )
Zumrotul Muslimin / ZTM Senin, 25 Februari 2019 | 20:08 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin menerima kunjungan Commissioner of Australian Public Service Commissioner (APSC) Peter Woolcott di kantornya, Jakarta, Senin (25/2/2019).

Menteri Syafruddin mengapresiasi langkah APSC yang telah menjalin kerja sama dengan Indonesia, di mana salah satunya dengan Kementerian PANRB. Kerja sama diharapkan membantu peningkatan kualitas SDM aparatur, masalah modernisasi birokrasi, dan kepercayaan publik.

“Apa yang telah dikerjasamakan selama ini akan terus kita tingkatkan dan akan berlangsung terus. Indonesia dan Australia seperti menjadi satu, apa yang dialami Australia juga dialami Indonesia,” kata Syafruddin.

Kontribusi APSC terhadap Indonesia punya manfaat besar dan ada perubahan pada pengelolaan SDM aparatur. Syafruddin yang pernah menjadi Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri (Kalemdiklat) mengaku telah banyak terlibat kerja sama dengan Australia khususnya bidang kepolisian terkait capacity building.

Lebih jauh Syafruddin mengatakan kerja sama yang akan dijalankan kedua negara akan dibahas lebih lanjut pada Executive Roundtable Meeting, esok hari. “Akan didalami dalam roundtable meeting dengan lingkup yang lebih luas. Apa yang direncanakan dan diinginkan semoga terwujud,” tambah Syafruddin.

Sementara itu Woolcott menyebut pihaknya terbuka membantu Indonesia dan Kementerian PANRB di bidang national talent management dan public service reform. Woolcott menambahkan national talent management sangat penting karena pemerintahan yang baik jadi kunci menentukan kehebatan suatu negara.

Woolcott mengundang Syafruddin beserta jajaran berkunjung ke Australia untuk meninjau berbagai aspek dalam sektor pelayanan publik. Woolcott juga akan menunjukkan struktur pelayanan publik dalam menciptakan pelayanan, kepercayaan masyarakat, edukasi, serta talent management.



Sumber: BeritaSatu TV