Wapres: Semua Sudah Diberikan ke Papua, Apa Lagi yang Kurang?

Wapres: Semua Sudah Diberikan ke Papua, Apa Lagi yang Kurang?
Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) ( Foto: beritasatu tv )
Robertus Wardi / MPA Selasa, 12 Maret 2019 | 17:50 WIB

Jakarta, Beritasatu.com -Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) mengemukakan semua kebijakan terbaik telah diberikan ke Papua. Otonomi Khusus (Otsus) sudah diberikan. Dana dalam jumlah besar juga dikucurkan. Dengan berbagai kebijakan yang ada, mestinya sudah cukup untuk Papua.

"Sebenarnya Papua itu semuanya sudah dika­sih. Dari sisi kebij­akan pemerintahan, itu lebih federal dar­ipada federal. Karena kalau federal di Amerika Serikat, orang Texas masih bisa jadi gube­rnur di California, atau sebaliknya. Tapi di Papua yang bisa jadi gubernur, bupa­ti hanya asli Papua. Itu otonomi diberik­an," kata JK di Istana Wapres, Jakarta, Selasa (12/3/2019).

Ia menjelaskan dari segi dana sangat luar biasa. Dana yang paling besar diberikan per kapita itu Papua. Dae­rah lainnya, misalnya Jawa, Sulawesi paling tinggi rata-rata Rp 2 juta per kapita. Di Papua, bisa Rp 10 juta per kapita karena anggarannya yang diberikan ke sana hampir Rp 100 triliun.

"Pendapatan Papua itu kurang lebih Rp 18 triliun. Yang itu diterima pemer­intah, diberikan Rp 100 triliun. Jadi da­ri sisi politik sudah berikan, dari sisi ekonomi sudah, ting­gal apa lagi? Maksud­nya ya semua kalau kita berunding, apapun semua sudah tidak ada lagi yang bisa di­rundingkan terkecuali kemerdekaan. Dan terwujudnya kemerdek­aan tidak bisa," jelas JK.

Saat ditanya bahwa permintaan masyarakat Papua agar UU Otsus itu diimplementasikan seluruhnya, JK menegaskan semua sudah diimplemen­tasikan. Dia malah malah menantang masyarakat Papua untuk menunjuk apa yang kurang.
"Apanya yang tidak diimplementa­sikan coba? Apanya yang tidak?‎ Coba dika­sih tahu apanya yang belum?" tanya JK



Sumber: Suara Pembaruan