KKP Gagalkan Penyelundupan 295 Arwana di Entikong

KKP Gagalkan Penyelundupan 295 Arwana di Entikong
Tim Penindakan dan Intelijen Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (KIPM) Entikong, Kalimantan Barat, menggagalkan penyelundupan benih ikan hias arwana, Jumat, 22 Maret 2019. ( Foto: Istimewa )
Asni Ovier / AO Jumat, 22 Maret 2019 | 23:24 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Tim Penindakan dan Intelijen Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (KIPM) Entikong, Kalimantan Barat, berhasil menggagalkan upaya penyelundupan beberapa jenis benih ikan hias arwana, Jumat (22/3/2019).

Berdasarkan informasi yang diterima Beritasatu.com, ikan arwana yang akan diselundupkan itu sebanyak 295 ekor. Ikan-ikan itu dikemas dalam 12 kantong plastik. Para pelaku penyelundupan menggunakan tiga tas pakaian untuk membawa ikan-ikan tersebut.

Jenis ikan arwana yang akan diselundupkan itu adalah Arwana Golden sebanyak 24 ekor, Arwana Banjar sebanyak 64 ekor, dan Arwana Golden Pino sebanyak 187 ekor. Ikan-ikan itu diangkut dengan menggunakan bus antarlintas batas negara Damri dengan nomor polisi KB 7576 S.

Tim penyidik Balai KIPM Entikong langsung membawa sopir bus Damri bernama Zainuddin dan Budi Santoso untuk dimintai keterangan. Ratusan ikan arwana yang akan diselundupkan itu langsung disita sebagai barang bukti.



Sumber: BeritaSatu.com