Selain Direktur Krakatau Steel, KPK Tangkap Tiga Orang Lain

Selain Direktur Krakatau Steel, KPK Tangkap Tiga Orang Lain
Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan. ( Foto: Antara / Muhammad Adimaja )
Fana Suparman / AO Jumat, 22 Maret 2019 | 23:33 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Selain menangkap direktur PT Krakatau Steel dalam operas tangkap tangan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga menangkap tiga orang lainnya. Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan mengatakan, empat orang itu sudah dibawa ke gedug KPK.

"Sampai saat ini ada empat orang yang telah diamankan dan sudah berada di gedung KPK," kata Basaria dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan di Jakarta, Jumat (22/3/2019) malam. Dikatakan, keempat orang tersebut dibawa ke gedung KPK untuk diklarifikasi lebih lanjut oleh penyidik KPK.

Basaria belum bisa memberikan keterangan lebih detail tentang OTT kali ini. Pimpinan KPK, ujarnya, akan memberi keterangan pers terkait OTT ini pada Sabtu (23/3/2019). "KPK memiliki waktu maksimal 24 jam untuk menentukan status hukum dari pihak-pihak yang diamankan tersebut," kata Basaria.

Sebelumnya diberitakan, Tim Satgas KPK membenarkan telah menangkap seorang petinggi salah satu perusahaan BUMN. Petinggi BUMN yang dibekuk KPK tersebut merupakan Direktur di PT Krakatau Steel. "Iya. Salah satu direktur (Krakatau Steel)," kata Basaria.

Basaria mengatakan, selain petinggi BUMN terdapat tiga orang lainnya yang diringkus tim Satgas KPK. Keempat orang tersebut ditangkap lantaran diduga terlibat transaksi suap. OTT itu berlangsung sekitar pukul 18.00 WIB.

KPK sebelumnya sudah mendapatkan informasi dari masyarakat mengenai adanya rencana pemberian uang dari pihak swasta yang pernah atau berkepentingan dengan proyek di salah satu BUMN. Diduga sebagian uang telah diberikan secara tunai dan yang lainnya menggunakan sarana perbankan. Sedangkan didalami pula bahwa transaksi menggunakan baik mata uang rupiah maupun dolar.



Sumber: Suara Pembaruan