Gubernur Banten Beri Apresiasi Terkait Penanganan Tsunami

Gubernur Banten Beri Apresiasi Terkait Penanganan Tsunami
TNI dan Polri evakuasi korban tsunami Banten.
Laurens Dami / JEM Jumat, 29 Maret 2019 | 08:18 WIB

Serang, Beritasatu.com - Gubernur Banten Wahidin Halim menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih semua pihak baik itu para bupati/wali kota se-Banten, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkominda), TNI/Polri, relawan maupun semua komponen masyarakat Banten atas penanganan tsunami Selat Sunda akhir 2018 lalu.

Menurut Wahidin, penanganan pascatsunami berjalan lancar karena adanya kerja keras dari semua pihak. “Ini berkat kerja keras semua. Saya sampaikan ucapan terima kasih kepada bupati/wali kota se-Banten, unsur Forkominda, TNI/Polri, relawan dan semua komponen masyarakat Banten,” ujar Wahidin, sesaat setelah penutupan Rapat Kerja (Raker) Forum Kerja Sama Daerah Mitra Praja Utama (FKD-MPU) XIX di Bandung, Jawa Barat, Kamis (28/3/2019).

Kepala Bidang Aplikasi, Informatika dan Komunikasi Publik pada Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian, Amal Hermawan mengatakan bahwa Gubernur Banten Wahidin Halim menyampaikan apresiasi itu karena dalam pertemuan tersebut disinggung juga terkait evaluasi penanganan bencana tsunami di Banten.

Sebagai daerah yang pernah mengalami bencana tsunami, Banten tentunya sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penanganan pasca bencana.

“Dukungan pusat luar biasa, begitu juga, pemerntah daerah, masyarakat, semua lembaga turun bersama-sama bekerja bahu membahu. Jadi itu salah satu respon yang menurut saya sangat baik dan luar biasa, semua saling membantu,” ujar Amal.

Amal menjelaskan, dalam penanganan bencana tsunami beberapa waktu lalu di Banten, Gubernur Wahidin Halim memimpin langsung ke lokasi kejadian dari sejak hari pertama. Demikian juga Bupati Pandeglang Irna Narulita dan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah. Selain itu, bupati/wali kota di Banten lainnya turut memberikan bantuan.

Amal lebih lanjut mengatakan, pada saat pertemuan di Bandung tersebut, Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo mengapresiasi Gubernur Banten Wahidin Halim atas kesigapan Pemerintah Provinsi Banten dalam penangangan peristiwa bencana tsunami Desember 2018 lalu.

Apresiasi Pemerintah Pusat ini disampaikan Menteri Dalam Negeri saat membuka Rapat Kerja (Raker) Forum Kerja Sama Daerah Mitra Praja Utama (FKD-MPU) XIX di Bandung, Jawa Barat, Selasa-Kamis (26-28/3/2019).

Mendagri mengatakan, salah satu yang menjadi perhatian pusat adalah adanya jalinan dan kolaborasi antar daerah di Indonesia terutama dalam hal penanganan bencana yang kerap terjadi di Indonesia dan memiliki potensi bencana alam yang cukup tinggi. 



Sumber: Suara Pembaruan