Rudiantara: Industri E-Commerce Bentuk Aktualisasi Pancasila Saat Ini

Rudiantara: Industri E-Commerce Bentuk Aktualisasi Pancasila Saat Ini
Rudiantara. ( Foto: Antara )
Robertus Wardi / WM Jumat, 29 Maret 2019 | 18:13 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengemukakan, bentuk industri-industri e-commerce dan digitalisasi yang berkembang saat ini adalah sebagai bentuk nyata pengaktualisasian nilai-nilai Pancasila. Pasalnya, pembangunan industri-industri tersebut didasarkan pada rasa kebersamaan atau kolaborasi.

“Kolaborasi itu kan gotong-royong. Nah gotong-royong itu kan dasar dari Pancasila,” kata Rudiantara dalam diskusi bertema "Nilai-Nilai Pancasila Dalam Pemerintahan", di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Jumat (29/3/2019).

Ia menjelaskan, dalam gotong-royong ada dua jenis yaitu gotong-royong struktural dan kultural. Gotong-royong struktural contohnya dalam bentuk koperasi yang sudah ada selama ini. Dalam koperasi, ada orang-orang berkumpul, ada alat produksi yang dikumpulkan. Kemudian pada satu waktu tertentu akan bagi keuntungan secara bersama-sama sesuai yang disepakati.

Sementara gotong-royong kultural tidak ada kumpulan modal. Ada orang-orang berkumpul tapi tidak mendapatkan pembagian keuntungan. Contohnya adalah aksi kerja bakti bersama di lingkungan yang kumpul membersihkan got tapi tidak membagikan hasil atas apa yang dikerjakan.

Menurut Rudi, pengembangan industri e-commerence dan digitalisasi bergerak pada konsep gotong-royong kultural. Di dalamnya tidak ada pembagian keuntungan. Semua orang bekerja dengan prinsip kolaborasi.

“Kita ingin dorong semua start up dan unicorn bergerak ke sana. Kita ingin perkuat nilai-nilai Pancasila dalam pengembangan bisnis mereka,” tuturnya.



Sumber: Suara Pembaruan