Menpupera Pastikan Pembangunan Waduk Pidekso Berjalan Sesuai Rencana

Menpupera Pastikan Pembangunan Waduk Pidekso Berjalan Sesuai Rencana
Proyek Waduk Pidekso di Wonogiri, Jawa Tengah. ( Foto: Beritasatu.com / Vento Saudale )
Vento Saudale / FMB Rabu, 3 April 2019 | 19:07 WIB

Wonogiri, Beritasatu.com - Di sela hari libur Isra Mikraj, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera) Basuki Hadimuljono melakukan pengecekan proyek Waduk Pidekso di Wonogiri, Jawa Tengah. Basuki memastikan pembangunan sesuai jadwal (on the track) dan bisa beroperasi Juni 2021.

"Kita lihat di sini pembangunanya sudah baik, on the track (sesuai jadwal), sekitar 50 persen. Kita harapkan, Juni 2021 sudah beroperasi," kata Menteri Basuki Hadimuljono kepada Beritasatu.com di lokasi, Rabu (3/4/2019).

Walaupun penandatanganganan kontrak dilakukan tahun 2015, proses pelaksanaan efektif bagian bendungan mulai dilakukan pada pertengahan 2018. Hal tersebut disebabkan terkait permasalahan pembebasan lahan.

Waduk Pidekso seluas 332 hektare, terdiri dari 1.634 bidang. Basuki menyebut dari jumlah bidang tersebut, hingga saat ini pemerintah sudah membebaskan 1.333 bidang.

"Pembebasan tinggal sedikit lagi. Permukiman rumah juga sudah pindah semua," katanya.

Waduk dengan nilai anggaran Rp 450 miliar ini, dapat mempung air sebanyak 25 juta meter kubik serta dapat memproduksi baku air bersih 300 liter/detik, dan bisa mengairi lahan irigasi seluas 1.500 hektare.



Sumber: BeritaSatu.com