Ratna Cium Tangan Amien di Ruang Sidang

Ratna Cium Tangan Amien di Ruang Sidang
Terdakwa kasus hoax Ratna Sarumpaet (kanan) mencium tangan Amien Rais di ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, 4 April 2019. ( Foto: Antara )
Heru Andriyanto / Bayu Marhaenjati / HA Kamis, 4 April 2019 | 13:01 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Terdakwa kasus hoax Ratna Sarumpaet menunjukkan rasa hormatnya kepada Amien Rais dengan mencium tangan mantan ketua MPR itu saat persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (4/4/2019).

Amien hadir dalam sidang tersebut sebagai saksi, karena dia ikut menemani calon presiden Prabowo Subianto ketika mengumumkan bahwa Ratna sudah dianiaya dalam siaran langsung melalui TV One pada malam hari, 2 Oktober 2018.

Selain Amien, ada tiga saksi lainnya yang hadir pada sidang tersebut.

Setelah Amien memberikan kesaksian, Ratna di kursinya menyampaikan permintaan maaf telah berbohong, dan kemudian berdiri mendekati Amien dan mencium tangannya.

Amien terlihat menepuk bahu Ratna dan mereka berbincang sejenak.

Dalam sidang tersebut, Amien mengatakan sebelum Ratna mengaku bohong, dia dan teman-temannya di Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga Uno menganggap penganiayaan Ratna sebagai pelanggaran hak asasi manusia yang mengancam demokrasi.

"Sebab penganiayaan ini kan melanggar badan demokrasi yang paling murni yaitu hak asasi manusia," kata Amien.

"Kalau seorang aktivis tidak aman lagi, maka ini bisa merusak demokrasi, karena HAM bagian penting dari demokrasi."

Amien juga ditanya majelis hakim apakah kasus ini menimbulkan kerugian bagi Badan Pemenangan Nasional calon presiden Prabowo.

"Kita seperti kena pukulan karena aktivis kita dianiaya di malam hari dan sendirian. Semua merasa tertohok," kata Amien.



Sumber: BeritaSatu.com