Sidang Ratna, Amien Rais Minta Keadilan Ditegakkan

Sidang Ratna, Amien Rais Minta Keadilan Ditegakkan
Amien Rais dihadirkan sebagai saksi dalam kasus Ratna Sarumpaet. ( Foto: Beritasatu.com/Bayu Marhaenjati )
Bayu Marhaenjati / WBP Kamis, 4 April 2019 | 13:42 WIB

Jakarta, Beritasatu.com -Jaksa Penuntut Umum (JPU) menghadirkan politisi Amien Rais sebagai saksi dalam sidang lanjutan kasus hoax dengan terdakwa Ratna Sarumpaet, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, hari ini. Usai memberikan keterangan dalam persidangan, Amien Rais meminta keadilan ditegakkan.

"Jadi saya merasa senang dan puas, kejaksaan negeri ini, para jaksanya, juga para hakimnya, kebetulan juga para tim lawyer-nya bu Ratna Sarumpaet itu telah melakukan proses hukum yang semestinya," ujar Amien Rais di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (4/4/2019).

Sebagai saksi, dirinya menyampaikan apa yang dilihat, dirasakan dan didengar. "Jadi semua pertanyaan saya jawab dengan tuntas tanpa keraguan," kata Amien Rais.

Namun Amien Rais mengugkapkan bahwa Ratna Sarumpaet sudah sepuh. "Lihatlah masa lalunya, saya kira itu penuh dengan perjuangan membela rakyat kecil," kata Amien Rais.

Amien Rais mengungkakan, Ratna adalah tokoh Non Goverment Organization (NGO) yang selalu di depan saat membela rakyat kecil. "Ratna membela mereka yang dhuafa, mereka yang tersisihkan, mereka termarjinalisasi, tetapi di usia yang sudah lanjut itu ada musibah," ungkap Amien Rais.

Ratna kata Amien Rais, sampai saat ini tidak percaya atas musibah itu. "Dia (Ratna) tadi mengatakan sambil salaman, pak Amien, sampai sekarang saya tidak tahu mengapa saya bisa seperti itu. Siapa tahu ada kekuatan, ekstra fisik yang kemudian membuat Ratna Sarumpaet yang sebetulnya itu terperosok. Dan, sekarang dia sudah kembali ke yang normal itu," tambah Amien Rais.

Amien Rais meminta pengadilan dapat menegakkan keadilan dalam kasus hoax Ratna Sarumpaet ini. "Ini saya tidak akan bicara lebih lanjut, cuma saya minta supaya keadilan ditegakkan," kata Amien Rais.

Amien Rais prihatin terhadap Jika Ratna Sarumpaet yang harus keluar-masuk kepolisian dan kejaksaan karena hoax. "Saya minta keadilan. Andai kata ada seorang petinggi di negeri ini yang semua hoax-nya itu dikumpulkan, saya kira ratusan kali lebih dahsyat daripada Ratna Sarumpaet itu. Saya pikir yang adil lah. Jangan mentang-mentang orang kecil kemudian ditindas," kata Amien Rais.



Sumber: BeritaSatu.com