Mensos Ajak Pesantren Tangkal Hoax

Mensos Ajak Pesantren Tangkal Hoax
Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita, dalam kunjungannya ke Pondok Pesantren Darurrahman di Kampung Bulaktemu, Kecamatan Sukawangi, Kabupaten Bekasi, Kamis (4/4/2019). ( Foto: Beritasatu Photo / Ari Supriyati Rikin )
Ari Supriyanti Rikin / FER Kamis, 4 April 2019 | 23:38 WIB

Bekasi, Beritasatu.com - Menteri Sosial (Mensos), Agus Gumiwang Kartasasmita, mengajak pesantren untuk memerangi dan menangkal berita bohong (hoax). Pesantren memiliki peran besar di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sejak dulu.

"Pesantren punya peran besar dalam NKRI. Pesantren memiliki peran strategis dalam melakukan saring informasi sebelum sharing," kata Agus Gumiwang dalam kunjungannya ke Pondok Pesantren Darurrahman di Kampung Bulaktemu, Kecamatan Sukawangi, Kabupaten Bekasi, Kamis (4/4).

Dalam kesempatan itu, ratusan warga memenuhi pelataran pondok pesantren. Selain diberi pemahaman untuk menangkal hoax, masyarakat juga diberi pemahaman dan pencegahan kekerasan dalam rumah tangga.

Agus Gumiwang menegaskan, pentingnya menjaga keutuhan NKRI dan mencintai ulama. Pesantren memiliki peran vital dalam kehidupan berbangsa karena membentuk akhlak mulia. Di sisi lain, perlu upaya penguatan kapasitas kelembagaan pesantren agar lebih maju khususnya untuk menjawab dinamika sosial.

"Kita lihat banyak penyebaran hoax. Penyebarannya cepat karena perkembangan teknologi, masuk ruang publik dan privat secara cepat," tandas Agus Gumiwang.

Mensos juga meminta jika ada hoax jangan mudah percaya. "Lebih baik, tanyakan ke pak Kiai perihal suatu berita salah atau benar," pungkas Agus Gumiwang.

 



Sumber: Suara Pembaruan