Ribuan Surat Suara Pemilu Rusak di Bengkulu Tengah Belum Diganti

Ribuan Surat Suara Pemilu Rusak di Bengkulu Tengah Belum Diganti
Ilustrasi surat suara Pemilu 2019. ( Foto: Antara )
Usmin / CAH Jumat, 5 April 2019 | 07:28 WIB

Bengkulu, Beritasatu.com - Sebanyak 1.046 lembar surat suara Pemilu 2019 untuk Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu, yang rusak hingga kini belum diganti oleh KPU Pusat.

Padahal, logistik Pemilu segera didisribusikan ke masing-masing TPS yang ada di Bengkulu Tengah. "Kita minta KPU Pusat segera mengganti surat suara yang rusak sebanyak 1.046 lembar tersebut karena Pemilu sudah dekat," kata Ketua KPU Bengkulu Tengah, Broto Seno, di Bengkulu, Kamis (4/4/2019).

Ia mengatakan, surat suara Pemilu 2019 yang rusak sebanyak 1,046 lembar tersebut, terdiri dari surat suara Pilpres, DPD, DPR, DPRD provinsi dan kabupaten. Surat suara rusak dan tidak bisa dipakai karena hasil percetakan kurang terang, sobek dan rusak lainnya.

"Surat suara rusak kita ketahui saat dilakukan pelipatan dan penyortiran oleh petugas KPU Bengkulu Tengah dan kerusakan ini sudah kita laporkan ke KP Pusat, tetapi sampai sekarang penggantinya belum juga dikirim ke KPU Bengkulu Tengah," ujar Broto Seno.

Broto berharap surat suara pengganti yang rusak tersebut, paling lambat H-4 Pemilu sudah sampai di KPU Bengkulu Tengah. Hal ini agar surat suara tersebut langsung dilipat dan dimasukan ke dalam packing untuk disalurkan ke TPS yang ada di daerah tersebut.

"Rencana KPU Bengkulu Tengah penyaluran logistik Pemilu 2019 ke TPS dimulai H-3 hingga H-1 pencoblosan. Pengiriman logistik diprioritaskan ke daerah yang agak terisolir dan sulit dijangkau kendaraan roda empat, sehingga H-1 semua logistik Pemilu sudah ada di rumah Ketua KTPS," jelas Broto Seno.

Jika belum dikirim surat pengganti maka kemungkinan rencana pendiribusian logistik dimulai ke TPS pada H-3 bisa ditunda.

Lebih lanjut Broto Seno mengatakan bahwa penyaluran logistik Pemilu ke sejumlah TPS di Bengkulu Tengah, akan dikawal petugas Bawaslu dan Kepolisian setempat. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jangan sampai terjadi kecurangan dalam penyeluran logistik Pemilu di Bengkulu Tengah.

"Jadi, penyaluran logistik Pemilu ke TPS di Bengkulu Tengah, kita kawal ketat dengan melibatkan anggota Bawaslu dan Kepolisian. Dengan cara ini, tidak ada celah oknum tidak bertanggungjawab untuk berbuat curang dalam pendistribusian logistik Pemilu di daerah ini," ujarnya.

KPU Bengkulu Tengah memastikan logistik kebutuhan Pemilu di daerah ini, tidak ada masalah lagi karena sudah tersedia sesuai keperluan di lapangan. Hanya saja surat suara tambahan pengganti yang rusak belum sampai ke Bengkulu Tengah.

Meski demikian, pihaknya optimistis sebelum H-3 surat suara tambahan pengganti yang rusak sampai di Bengkulu Tengah dari KPU Pusat, sehingga surat suara untuk Pemilu 17 April 2019 dalam keadaan cukup. 



Sumber: Suara Pembaruan