Polisi Limpahkan Berkas Perkara Joko Driyono ke Kejaksaan

Polisi Limpahkan Berkas Perkara Joko Driyono ke Kejaksaan
Joko Driyono. ( Foto: Antara )
Bayu Marhaenjati / CAH Jumat, 5 April 2019 | 09:10 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Penyidik Satgas Antimafia Bola, rampung menyusun berkas perkara tersangka Joko Driyono terkait kasus memasuki garis polisi dan perusakan barang bukti. Berkas itu pun telah dilimpahkan ke kejaksaan.

"Ya sudah dilimpahkan, sekitar dua hari yang lalu," ujar Ketua Tim Media Satgas Antimafia Bola Komisaris Besar Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono, Jumat (5/4/2019).

Pada berkas perkara, Jokdri -panggilan akrab Joko Driyono- dikenakan Pasal 363 KUHP atau Pasal 235 KUHP atau Pasal 233 KUHP atau Pasal 232 KUHP atau Pasal 221 KUHP juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Sementara itu, Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Mukri, menyampaikan pihaknya telah menerima berkas perkara Jokdri terkait dugaan tindak pidana pencurian dengan pemberatan dan atau memasuki dengan cara membongkar, merusak, atau menghancurkan barang bukti yang telah dipasang garis polisi oleh penguasa umum. Saat ini, tim jaksa sedang menganalisa dan meneliti kelengkapan formil serta materil berkas perkara itu.

"Berkas perkaranya saat ini sedang dilakukan penelitian oleh tim jaksa peneliti terkait persyaratan formil dan materilnya," kata Mukri.

Sebelumnya, penyidik menetapkan Jokdri sebagai tersangka karena diduga memerintahkan tersangka Muhammad Mardani alias Dani, Musmuliadi alias Mus, dan Abdul Gofur untuk merusak atau menghancurkan barang bukti, di Kantor Komdis PSSI, Kamis (14/2/2019).

Usai serangkaian pemeriksaan sebagai tersangka, Jokdri akhirnya ditahan di Mapolda Metro Jaya, Senin (25/3) lalu. Jokdri yang mengenakan rompi tahanan warna oranye enggan berkomentar ketika dibawa penyidik ke ruang tahanan, sekitar pukul 00.15 WIB, Selasa (26/3) dini hari.



Sumber: BeritaSatu.com