Caleg PDIP, Gerindra, Golkar Bersaing Ketat di Jabar VII

Caleg PDIP, Gerindra, Golkar Bersaing Ketat di Jabar VII
Hasil survei Indonesia Digital Research Center (IDRC) terhadap tingkat elektabilitas caleg di dapil Jawa Barat VII
L Gora Kunjana / AO Jumat, 5 April 2019 | 17:30 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Dalam pemilihan anggota legislatif (pileg) April mendatang, daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat (Jabar) VII memperlihatkan dominasi elektabilitas dari calon anggota legislatif (caleg) petahana.

Hasil survei yang dilakukan Indonesia Digital Research Center (IDRC) terhadap tingkat elektabilitas caleg di dapil Jabar VII yang mencakup Kabupaten Bekasi, Karawang, dan Purwakarta menunjukkan bahwa caleg petahana masih merajai perolehan suara pada dapil tersebut.

“Tiga posisi teratas diperebutkan oleh Rieke Diah Pitaloka dari PDIP, Dedi Mulyadi dari Partai Golkar, dan Putih Sari dari Partai Gerindra. Partai mereka pun sedang berada pada posisi yang unggul dan mendominasi,” kata Direktur Eksekutif IDRC William dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (5/4/2019).

William menambahkan bahwa besar kemungkinan PDIP, Partai Gerindra, dan Partai Golkar dapat memperoleh dua jatah kursi di Senayan. Namun, masih ada beberapa partai yang membayangi dan siap bertarung untuk memperebutkan kuota kursi DPR.

“Saat ini tiga partai tersebut memang sudah unggul dan bisa dibilang cukup aman. Tetapi, PKS, Partai Nasdem, dan PAN juga masih berkesempatan mendapatkan kuota kursi DPR, karena ada 22,7% undecided voters yang belum memilih, cukup besar presentasenya, dan sudah pasti dapat memengaruhi hasil akhir pemilihan. Sementara, kursi PPP hilang karena ada sentimen negatif terhadap kasus akhir-akhir ini,” lanjutnya.

Sebagai informasi, survei IDRC dilakukan pada 15 Januari hingga 15 Maret 2019 di Dapil Jabar VII yang meliputi wilayah Kabupaten Bekasi, Karawang, dan Purwakarta dengan metode riset media sosial dan media monitoring. Hasil 10 nama yang diprediksikan lolos menggunakan metode penghitungan sainte lague murni.



Sumber: Investor Daily