Kasad dan Kasal Terima Wing Penerbang Kehormatan Kelas I

Kasad dan Kasal Terima Wing Penerbang Kehormatan Kelas I
Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna (tengah) saat menyematkan wing penerbang kehormatan kelas I TNI AU kepada Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa serta Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, Jumat 5 April 2019. ( Foto: dok )
Yudo Dahono / YUD Jumat, 5 April 2019 | 19:20 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa menerima wing penerbang kehormatan kelas I TNI AU yang disematkan oleh Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, bertempat di Apron Base Ops Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Jumat (5/4/2019).

Demikian disampaikan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Candra Wijaya melalui keterangan persnya kepada media di Jakarta, Jumat (5/4/2019).

Selain kepada Kasad, pada saat yang bersamaan wing penerbang kehormatan kelas I TNI AU juga diberikan kepada Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji.

Dijelaskan oleh Candra bahwa sebelum penyematan wing penerbang kehormatan kelas I TNI AU, Kasad, Kasal, dan Kasau melaksanakan prosesi penerbangan sekitar 30 menit dengan menggunakan pesawat tempur jenis Sukhoi SU-30 MK2.

“Prosesi penerbangan diawali dengan pemeriksaan kesehatan oleh Tim kesehatan Penerbangan TNI AU, dan dilanjutkan dengan paparan atau briefing tentang rencana pelaksanaan penerbangan. Selanjutnya, tiga Kepala Staf Angkatan menuju pesawat untuk sesi foto bersama dan memasuki pesawat tempur yang sudah disiapkan,” jelas Candra.

Selama dalam penerbangan, tiga Kepala Staf Angkatan menjajal dan merasakan langsung berbagai manuver dan formasi tempur di udara selama kurang lebih 30 menit, tepatnya di wilayah Pelabuhan Ratu.

Dalam kesempatan tersebut, Kasau mengatakan bahwa penyematan wing penerbang kehormatan kepada Kasad dan Kasal merupakan bentuk penghargaan atas kerja sama tiga matra TNI.

“Sebagai ucapan terima kasih dari Angkatan Udara kepada Angkatan Darat dalam hal ini Kasad dan Angkatan Laut dalam hal ini Kasal atas kerja samanya selama ini dalam membantu Angkatan Udara dalam segala bidang,” ungkap Kasau.

Dalam upacara penyematan Brevet Wing Penerbang Kehormatan Kelas I TNI AU tersebut, turut hadir para pejabat tinggi TNI dari masing-masing angkatan.



Sumber: BeritaSatu.com