Kemhub Verifikasi Bandara Internasional Yogyakarta

Kemhub Verifikasi Bandara Internasional Yogyakarta
GM Bandara Adisutjipto Yogyakarta Agus Pandu Purnama ( Foto: Beritasatu TV )
Aichi Halik / AHL Jumat, 5 April 2019 | 20:41 WIB

Yogyakarta, Beritasatu.com - Proses verifikasi Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) memasuki hari kedua pada Jumat (5/4/2019). Verifikasi yang berlangsung selama tiga hari ini meliputi sisi udara dan sisi darat.

GM Bandara Adisutjipto Yogyakarta Agus Pandu Purnama mengatakan, verifikasi ini dilakukan oleh Direktorat Bandar Udara, Direktorat Keamanan Penerbangan, dan Direktorat Navigasi Penerbangan Kementerian Perhubungan (Kemhub).

Dari hasil verifikasi, ketiga direktorat akan memberikan catatan-catatan untuk PT Angkasa Pura I.

"Dari hasil ini nanti tentunya ada catatan-catatan dari 3 direktorat ini. Catatan inilah yang harus kita selesaikan di Angkasa Pura I dalam waktu 10 hari atau 2 minggu," kata Agus di Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Jumat (5/4/2019).

Verifikasi ini, kata Agus, untuk memastikan seluruh perangkat di Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) siap dioperasionalkan untuk aktivitas penerbangan international.

"Target kami di akhir April ini sudah ada penerbangan internasional artinya eksisting kami di Bandara Adisutjipto ini bisa segera dipindahkan karena memang sudah overload, kami hampir setiap hari pesawat kami holding antara 20 sampai 45 menit, sehingga ini yang kami target bisa selesai akhir April ini," ujar Agus.

Verifikasi meliputi sisi udara antara lain run way, marka, apron, taxiway, dan peralatan lainnya. Kemudian, sisi darat, akan verifikasi seluruh peralatan keamanan, peralatan keselamatan penerbangan hingga pelayanan.

"Diverifikasi juga terminal yang luasnya sekitar 12.920 meter persegi, daya tampungnya dan sebagainya," kata Agus.



Sumber: BeritaSatu TV