Panglima TNI: Amankan dan Sukseskan Pesta Demokrasi 2019

Panglima TNI: Amankan dan Sukseskan Pesta Demokrasi 2019
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyapa prajurit saat menghadiri apel gabungan TNI-Polri dan memeriksa secara langsung kesiapan personel maupun alutsista dalam rangka kesiapsiagaan pengamanan Pemilu 2019 di wilayah Jawa Tengah, di Lapangan Dirgantara Lanud Adisoemarmo, Solo, Jawa Tengah, Jumat, 5 April 2019. ( Foto: Istimewa / Puspen TNI )
Asni Ovier / AO Jumat, 5 April 2019 | 20:57 WIB

Solo, Beritasatu.com - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Tito Karnavian menghadiri apel gabungan TNI-Polri dan memeriksa secara langsung kesiapan personel maupun alat utma sistem persenjataan (alutsista) dalam rangka kesiapsiagaan pengamanan Pemilu 2019 di wilayah Jawa Tengah. Apel gabungan TNI-Polri itu bertempat di Lapangan Dirgantara Lanud Adisoemarmo, Solo, Jawa Tengah, Jumat (5/4/2019).

Setelah pelaksanaan apel, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyempatkan diri berdialog langsung dengan para personel TNI-Polri. “Pahami dan pedomani serta junjung tinggi netralitas TNI. Laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab untuk mengamankan dan menyukseskan pesta demokrasi 2019,” ujar Marsekal Hadi.

Menurut Panglim TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, kegiatan tersebut diharapkan akan semakin meningkatkan kesiapsiagaan dan kepercayaan diri para unsur pengamanan dalam melaksanakan tugas serta mensukseskan pesta demokrasi yang akan datang.

Selain mengecek kesiapan pasukan, Panglima TNI juga ingin memastikan bahwa para prajurit benar-benar memahami aturan pelibatan pasukan TNI dalam pengamanan pemilu, termasuk pemahaman netralitas TNI. “Dengan memahami aturan pelibatan pasukan TNI, diharapkan tidak akan terjadi kesalahan prosedur dan di lapangan tidak terjadi kesalahpahaman,” katanya.

Apel Gabungan TNI-Polri dalam rangka kesiapsiagaan pengamanan Pemilu 2019 dipimpin oleh Pangdam IV/Diponegoro Mayjen Mochamad Effendi dan Kapolda Jawa Tengah Irjen Condro Kirono. Acara diikuti oleh 3.300 personel TNI-Polri dari berbagai satuan di wilayah Jateng dan DI Yogyakarta.

Kodam IV/Diponegoro menyiapkan ribuan personel TNI untuk melaksanakan tugas perbantuan kepada Polri dalam mengamankan dan menyukseskan Pemilu 2019. Seluruh pasukan TNI yang diperbantukan berada di bawah kendali Polda Jateng, sementara pasukan yang tidak di-BKO-kan bersiaga di satuan yang berada di bawah kendali Pangdam IV/Diponegoro.

Sebelum digelar apel gabungan TNI-Polri, telah dilaksanakan berbagai kegiatan pembekalan dan pelatihan kepada pasukan yang dilibatkan langsung dalam pengaman pilpres dan pilleg. Pelatihan itu, antara lain latihan parsial di setiap satuan, latihan simulasi pengamanan pemilu gabungan TNI-Polri, latihan Tri Patra, dan latihan TFG pengamanan Pemilu 2019.



Sumber: BeritaSatu.com