Jokowi Optimistis Raih 65% Suara di Sumut

Jokowi Optimistis Raih 65% Suara di Sumut
Iriana dan Joko Widodo. ( Foto: Antara )
Carlos KY Paath / FER Jumat, 5 April 2019 | 23:35 WIB

Deliserdang, Beritasatu.com - Calon presiden (capres) nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin (Jokowi-Ma'ruf), menargetkan di atas 65 persen suara di Sumatera Utara (Sumut). Sebab, pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2014, Jokowi yang kala itu berpasangan Jusuf Kalla (JK) meraup 55 persen.

"Tahun 2014 di Sumatera Utara, Jokowi-JK menang 55 persen. Tapi di tahun ini, Jokowi-Ma'ruf amin seharusnya hitungan saya, kalkulasi saya, seharusnya Jokowi-Ma'ruf Amin lebih dari 65 persen," kata Jokowi, saat bersilaturahmi dengan masyarakat Sumut di GOR Futsal Dispora, Deliserdang, Sumut, Jumat (5/4).

"Sanggup (dapat 65 persen suara lebih)? sanggup?," tanya Jokowi kepada ribuan pendukungnya seraya dijawab sanggup penuh lantang.

Menurut Jokowi, kala meraih 55 persen, dirinya belum memiliki keluarga di Sumut. "Sekarang saya telah memiliki keluarga di Sumatera Utara, Bobby (menantu Jokowi, Bobby Nasution) maju sini. Saya sudah punya anak di sini, Bobby Nasution. Awas kalau tidak nambah," ungkap Jokowi.

Jokowi pun menyebut, "Karena banyak kabupaten sudah saya hitung, ada yang menyanggupi 90 persen, di atas 80 persen, di atas 95 persen bisa. Saya nanti tinggal tanggal 17 April malam telepon ke Sumut, 'halo dapat berapa'?," kata Jokowi.

Jokowi menyatakan, target 65 persen bukan sesuatu yang sulit dicapai. "Itu barang yang mudah kalau kita bekerja tinggal waktu 13 hari bekerja keras. Jangan sampai ada isu fitnah, hoax, kabar bohong. Semua harus berani melawan, merespons," tegas Jokowi.

Jokowi menuturkan, banyak isu fitnah yang menerpa dirinya dan Ma'ruf. Contohnya, jika Jokowi-Ma'ruf menang, maka pendidikan agama dihapus, dan perkawinan sejenis diperbolehkan. "Jawabannya sudah tahu semua. Itu hoax, fitnah," ucap Jokowi.



Sumber: Suara Pembaruan