Belum Ada Kampanye Akbar di Bengkulu

Belum Ada Kampanye Akbar di Bengkulu
Ilustrasi Kampanye. ( Foto: Beritasatu Photo )
Usmin / FMB Sabtu, 6 April 2019 | 09:55 WIB

Bengkulu, Beritasatu.com - Meski masa kampanye resmi Pemilu 2019 tinggal sepekan lagi lagi, tetapi di Bengkulu hingga sekarang belum ada partai politik (parpol) dan celag DPD dan DPR yang menggelar kampanye akbar terbuka dengan melibatkan ribuan orang pendukung dan simpatisan.

Selain itu, selama berlangsung kampanye resmi Pemilu 2019, tidak ada pimpinan parpol peserta Pemilu yang datang ke Bengkulu untuk melakukan kampanye akbar di daerah ini, sehingga Pemilu 2019 di daerah ini terkesan kurang meriah.

Demikian pantuan SP di lapangan, Sabtu (6/4/2019). Selain tidak ada parpol peserta pemilu menggelar kampanye akbar di Bengkulu, masyarakat juga lebih banyak membicarakan soal pilpres ketimbang pemilihan legislatif.

"Pemilu 2019 kali ini terkesan sepi dan tidak ada gema pesta demokrasi di Bengkulu. Masyarakat juga agak dingin menyambut Pemilu serentak pada 17 April mendatang," kata Asdam, salah seorang tokoh masyarakat, di Bengkulu, Sabtu (6/4/2019).

Asdam mengatakan, dengan dinginnya sambut masyarakat terhadap Pemilu di daerah ini, dikhawatirkan angka partisipasi pemilih pada hari pencoblosan 17 April 2019 mendatang tidak signifikan sesuai yang diharapkan KPU setempat.

"Kita berharap dengan sisa waktu satu pekan lebih ini, KPU dan lembaga penyelenggara pemilu lainnya di Bengkulu, terus mengencarkan melakukan sosialisasi pemilu ke seluruh pelosok wilayah di Bengkulu, sehingga masyarakat yang tinggal di daerah pelosok mengetahui pada 17 April mendatang akan digelar pesta demokrasi lima tahunan, termasuk memilih Presiden dan Wakil Presiden," ujarnya.

Dengan upaya ini, katanya diharapkan tingkat partisipasi pemilih di Bengkulu, sesuai yang diharapkan KPU setempat. Selain itu, masyarakat tidak hanya fokus pada pilpres saja, tetapi juga mempelajari visi dan misi para caleg DPD, DPR, DPRD provinsi, kabupaten dan kota yang akan mereka pilih pada 17 April mendatang.

Meski demikian, Asdam optimistis pelaksanaan Pemilu di Bengkulu, akan berlangsung aman, lancar dan damai, karena sampai saat kondisi ini keamanan di Bengkulu, sangat kondusif.

Sementara itu, anggota KPU Provinsi Bengkulu, Eko Sugianto mengatakan, seluruh KPU kabupaten dan kota, termasuk parpol dan caleg DPR-DPD dan DPRD provinsi, kota dan kabupaten di daerah ini terus melakukan sosialisasi Pemilu kepada masyarakat.

Hal ini dilakukan KPU provinsi, kota dan kabupaten di Bengkulu, dan pihak terkait lainya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap Pemilu 2019 yang akan digelar pada 17 April mendatang.

"Kita targetkan angka partisipasi masyarakat Bengkulu, pada Pemilu 17 April 2019 mendatang di atas 80 persen, sehingga hasil pemilu memiliki legitimasi yang kuat. Untuk mencapai target ini kita mengimbau masyarakat yang memiliki hak suara datang ke TPS untuk menyalurkan hak politiknya," ujarnya.



Sumber: Suara Pembaruan