UPH Dorong Kontribusi Milenial di Sektor Pariwisata

UPH Dorong Kontribusi Milenial di Sektor Pariwisata
Dekan Fakultas Pariwisata UPH Diena Mutiara Lemy saat membuka HOSPITOUR di Universitas Pelita Harapan, di Karawaci, Senin (8/4/19). Fakultas Pariwisata Universitas Pelita Harapan (UPH) turut berpartisipasi dalam upaya meningkatkan kesadaran kaum milenial untuk berkontribusi dalam pengembangan pariwisata yang berkelanjutan. ( Foto: beritasatu / defrizal )
Ridho Syukro / FER Senin, 8 April 2019 | 19:40 WIB

Tangerang, Beritasatu.com - Sektor Pariwisata merupakan salah satu sektor penting dalam perekonomian Indonesia. Selain konsumsi rumah tangga, perekonomian Indonesia juga didorong oleh sektor pariwisata. Saat ini, kontribusi sektor pariwisata terhadap PDB Indonesia sudah mencapai 55 persen. 

Untuk memajukan sektor pariwisata, Universitas Pelita Harapan (UPH) menggelar "Milenials Digital Tourism" sebagai acara tahunan yang digelar oleh program studi Usaha Perjalanan Wisata dan Pengelolaan Perhotelan, pada 8-11 April 2019. Kegiatan ini, memiliki tujuan untuk menciptakan SDM berkualitas di sektor pariwisata yang dimulai dari generasi milenial yaitu Mahasiswa.

Dekan Fakultas Pariwisata UPH, Diena Mutiara Lemy, mengatakan generasi milenial merupakan aset yang harus dimanfaatkan karena mempunyai ide kreatif. Milenial Digital Tourism merupakan kegiatan khusus yang memang bertujuan untuk mencetak kualitas SDM yang bisa memajukan sektor pariwisata.

"Milenial Digital Tourism juga bertujuan untuk menyadarkan generasi milenial untuk menjaga keberlangsungan pariwisata yang berkelanjutan. UPH khususnya fakultas pariwisata memang peduli terhadap kemajuan pariwisata Indonesia," ujar Diena, Kampus UPH, Karawaci, Tangerang, Senin (8/4/2019).

Milenial Digital Tourism terdiri dari berbagai macam kegiatan yaitu National Seminar, Pengabdian kepada masyarakat, Guest Lecture, Pameran dan seminar Hospitour. Wawasan yang diberikan meliputi kontribusi pariwisata terhadap PDB serta materi tentang daerah daerah penting wisata di Indonesia.

"Sementara itu, pelatihannya meliputi mahasiswa dan mahasiswi akan diajarkan bagaimana cara membentuk hospitality yang baik mulai dari penyajian makanan hingga keramahan kepada wisatawan. Banyak sekali pelatihan yang kami ajarkan agar pariwisata Indonesia maju," ujar Diena.

Diena menjelaskan, tingginya minat mahasiswa mendalami pariwisata terlihat dari antuasisme mengikuti acara Milenial Digital Tourism. "Acara Milenial Digital Tourism kembali digelar tahun depan," tandas Diena.

Rektor UPH, Jonathan Parapak, menambahkan, fakultas pariwisata merupakan fakultas yang paling banyak diminati dan berada di urutan lima besar sebagai fakultas favorit.

"Antusiasme mahasiswa memasuki fakultas pariwisata karena ingin menjadi bagian dari kemajuan pariwisata di Indonesia," kata Jonathan.



Sumber: Investor Daily