Pelni Salurkan Pangan Murah ke Penumpang

Pelni Salurkan Pangan Murah ke Penumpang
Kementerian BUMN dan Pelni menyalurkan paket pangan murah untuk penumpang kapal di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Rabu (10/4/2019). ( Foto: istimewa )
Harso Kurniawan / HK Rabu, 10 April 2019 | 22:02 WIB

Semarang, Beritasatu.com - Menyongsong peringatan ulang tahun ke-21, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan ke-67 PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni), Kementerian BUMN dan Pelni kembali melakukan kegiatan bersama penyaluran paket pangan murah untuk masyarakat. Kegiatan kali ini dilakukan di kapal di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Rabu (10/4/2019).

Kementerian BUMN dan Pelni memilih menyalurkan pangan murah kepada penumpang kapal laut Pelni. Hal itu merupakan apresiasi kepada penumpang kapal Pelni sekaligus bertujuan agar pangan murah dapat dinikmati oleh warga dari beberapa kota tujuan penumpang.

Penyaluran paket pangan murah di Semarang dilakukan di KM Kelimutu dengan rute Sampit- Tanjung Emas, Tanjung Emas-Kumai dan Kumai-Tanjung Emas ini dihadiri Direktur Utama Pelni Insan Purwarisya L. Tobing, perwakilan dari Kementerian BUMN, Kepala Syahbandar, GM Pelindo III Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan beberapa tamu dari pemangku kepentingan di lingkungan Cabang Pelni emarang.

Insan mengatakan, kegiatan ini merupakan kelanjutan penyaluran paket pangan murah di Surabaya, 28 Maret 2019, dan di Ciamis, 3 April 2019. Dalam pengadaan paket pangan murah, lanjut dia, Pelni bersinergi dengan PT Pelindo III sebagai pengelola Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Sementara itu, untuk penyediaan paket pangan, Pelni membeli produk BUMN dari Perum Bulog, PT PPI, PT Garam, PT RNI, dan PTPN.

Pelni, kata dia, menyiapkan 10 ribu paket pangan murah BUMN untuk disalurkan di kapal, di pelabuhan, dan Ciamis, Jawa Barat. Satu kantong paket pangan berisi beras 1 kilogram (kg), gula pasir 450 gram, minyak goreng 1 liter, ikan sarden 250 gram, dan garam dengan nilai beli Rp 42.500. "Untuk membantu warga, Pelni menjual paket pangan dengan harga Rp 10 ribu per paket" kata Insan dalam keterangan resmi.

Insan menjelaskan, BUMN berperan dalam mendorong kesejahteraan masyarakat. BUMN tidak hanya menciptakan keuntungan saja, tetapi juga mendorong perekonomian masyarakat kecil di daerah, termasuk penumpang kapal laut.

Selain penyaluran paket pangan murah, Pelni melalui kegiatan CSR juga membagikan 2.000 life jacket kepada delapan daerah melalui kantor cabang untuk pelayaran rakyat (Pelra) di Medan, Tanjung Pinang, Karimunjawa, Luwuk, Nunukan, Tahuna, Larantuka dan Sorong. Penyerahan dilakukan secara simbolis bersamaan dengan penyaluran Paket pangan murah BUMN.



Sumber: Investor Daily