Sulit Dapat Formulir A5, Pekerja asal Jawa Terancam Tak Bisa Mencoblos di Jambi

Sulit Dapat Formulir A5, Pekerja asal Jawa Terancam Tak Bisa Mencoblos di Jambi
Ilustrasi pemungutan suara. ( Foto: Antara )
Radesman Saragih / JEM Kamis, 11 April 2019 | 14:40 WIB

Jambi, Beritasatu.com - Sejumlah pekerja informal di Kota Jambi yang berasal dari berbagai tempat di Pulau Jawa, terancam tak bisa memberikan hak suaranya di Pemilu 2019. Hal ini karena mereka tidak terdaftar di daftar pemilih tetap (DPT) KPU Kota Jambi dan juga belum mendapatkan surat keterangan pindah pemilih atau Formulir A5 dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara pemilu.

Jumadi (60), seorang pekerja asal Ponorogo, Jawa Timur, mengatakan kepada Suara Pembaruan, Kamis (11/4/2019), bahwa dirinya sampai saat ini belum mendapatkan surat keterangan pindah memilih dari KPU Kota Jambi maupun dari kelurahan setempat. Karena itu Jumadi terancam tidak bisa menggunakan hak suaranya pada pemungutan suara pemili presiden maupun pemilu legislatif, Rabu (17/4/2019) mendatang.

“Sampai hari Kamis (11/4/2019) ini, saya belum mendapat kepastian bisa memilih atau tidak. Masalahnya kartu tanda penduduk (KTP) saya tercatat dari daerah asal Ponorogo, Jatim. Saya juga tidak masuk kartu keluarga (KK) majikan saya. Majikan saya masih mengurus ke rukun tetangga (RT), kelurahan, dan kecamatan agar saya mendapat surat keterangan pindah daerah pemilihan,” kata Jumadi.

Hal senada juga diungkapkan Ramlan (35). Pekerja bangunan asal Bandung ini juga masih memegang KTP Bandung dan sampai sekarang belum mendapatkan surat keterangan pindah memilih dari pihak penyelenggara pemilu dan pemerintah setempat.

“Saya juga masih mengurus agar mendapatkan surat pindah memilih. Syarat-syaratnya sudah diserahkan ke KPU Kota Jambi. Kalau tidak mendapat surat pindah memilih, berarti saya tidak bisa menggunakan hak suara saya nanti,” kata kepada SP.
Menanggapi hal ini, anggota KPU Kota Jambi Hazairin mengatakan, pihaknya tetap berpegang pada peraturan dalam memberikan Formulir A5 atau surat pindah memilih.

Berdasarkan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 20/PUU-XVII/2019 mengenai perpanjangan pengurusan surat pindah tempat memilih atau Formulir A5, KPU Kota Jambi membatasi pengurusan Formulir A5 hingga Rabu (10/4/2019). Kemudian Formulir A5 hanya diberikan kepada calon pemilih yang sakit, terkena bencana alam, tahanan dan bertugas di luar daerah pada 17 April 2019.

“Pengumuman pengurusan Formulir A5 sesuai surat keputusan Mahkamah Konstitusi sudah dilakukan jauh-jauh hari. Jadi pemberian Formulir A5 tetap mengacu pada surat keputusan Mahkamah Konstitusi tersebut,” katanya.



Sumber: Suara Pembaruan