Kemkominfo Targetkan Tahun 2020 Indonesia Merdeka Internet

Kemkominfo Targetkan Tahun 2020 Indonesia Merdeka Internet
Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo, Anang Latif, memberi sambutan di acara Festival Palapa Ring, Jakarta, Rabu, 20 Maret 2019. ( Foto: Beritasatu Photo / Herman )
Chairul Fikri / CAH Kamis, 11 April 2019 | 14:46 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menargetkan tahun 2020 mendatang Indonesia bisa terkoneksi dari dari ujung barat hingga ujung timur. Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Anang Latif mengatakan untuk mengatasi kendala aksesibilitas khususnya dibidang telekomunikasi dan internet, pemerintah terus berusaha mengkoneksi semua wilayah Indonesia.

"Salah satu upaya untuk mengatasi kendala tersebut adalah dengan meluncurkan satelit Palapa Ring. Target pemerintah sendiri Indonesia akan merdeka dari Sinyal dan merdeka menggunakan internet di tahun 2020 mendatang," ungkap Anang Latif 
dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat 9 (Dismed FMB’9) bertajuk "Menuju Indonesia Merdeka Sinyal" di Ruang Serba Guna, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Jakarta, Rabu (10/4/2019).

Ditambahkan Anang, Pengerjaan proyek Palapa Ring Paket Timur memang sempat terkendala faktor keamanan dan bencana yang terjadi di wilayah Papua beberapa waktu lalu. Namun mereka menyatakan akan tetap melanjutkan project tersebut.

"Proyek ini sudah diluncurkan sejak 2005 tapi instrumennya baru pas 2015. Untuk membangun proyek ini Pemerintah tidak mengeluarkan biaya karena sepenuhnya ditanggung oleh swasta. Tidak perlu APBN dikeluarkan selama masa konstruksi, tapi Pemerintah mencicil selama 15 tahun (kepada swasta). Ke depan dengan pemerataan sinyal internet di tanah air diharapkan berdampak positif bagi perekonomian masyarakat, terutama bagi pelaku usaha dan UKM yang memasarkan produknya secara online, sehingga perekonomian masyarakat akan bisa cepat tercapai dan masyrakat Indonesia bisa bersaing dalam perekonomian global," jelas Anang.

Palapa Ring adalah membangun jaringan telekomunikasi dengan menggunakan serat optik di 34 Provinsi. Proyek Palapa Ring sendiri terbagi menjadi Paket Barat (2.275 km) dan Paket Tengah (2.995 km) yang telah selesai pengerjaannya serta Paket Timur (6.878 km) yang hingga akhir tahun lalu pembangunannya telah mencapai 89,39 persen.



Sumber: BeritaSatu.com