KPU Sumut Temukan Sejumlah Kendala yang Dihadapi Pemilih

KPU Sumut Temukan Sejumlah Kendala yang Dihadapi Pemilih
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora, Jawa Tengah, menggelar simulasi proses pemungutan suara dan penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS). ( Foto: Beritasatu TV )
Arnold H Sianturi / FER Kamis, 11 April 2019 | 19:14 WIB

Medan, Beritasatu.com - Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara (KPU Sumut) menemukan kendala yang dihadapi masyarakat sebagai pemilih saat berlangsungnya pemilihan umum (Pemilu), 17 April 2019 mendatang.

"Kendala yang dihadapi masyarakat karena kebingungan memilih, khusus calon pilihannya di DPRD tingkat kabupaten/kota, provinsi maupun DPR," ujar Komisioner KPU Sumut, Benget Silitonga, Kamis (11/4).

Baca Juga: KPU Medan Kembali Diserang Hoax

Benget mengungkapkan, masyarakat bingung karena sangat banyak nama calon anggota legislatif (Caleg). Selain itu, pemilih itu tidak melihat poto wajah calon yang diinginkannya. Saat pemilu mendatang, pemilih hanya disodorkan nama.

"Untuk mengatasi kebingungan masyarakat, kami akan menempelkan selebaran berisi nama-nama calon pada seluruh TPS. Ini disesuaikan dengan urutan mereka pada surat suara masing-masing tingkatan," kata Benget Silitonga.

Baca Juga: Ini 12 Caleg DPR Pilihan Milenial

Benget menyarankan, masyarakat yang akan mencoblos terlebih dahulu memperhatikan selebaran, sehingga saat membuka surat suara di bilik suara, bisa langsung menentukan nama caleg yang dipilih.

"Itu akan sangat membantu agar tidak terlalu makan waktu banyak di bilik suara. Untuk menentukan pilihan calon anggota DPD maupun pasangan calon presiden, tidak ada kendala yang dihadapi masyarakat," pungkas Benget Silitonga.



Sumber: Suara Pembaruan