Jumlah TPS Jatim Bertambah Menjadi 103.171 Tempat

Jumlah TPS Jatim Bertambah Menjadi 103.171 Tempat
Ilustrasi tempat pemungutan suara (TPS). ( Foto: ANTARA FOTO )
Aries Sudiono / CAH Jumat, 12 April 2019 | 07:07 WIB

Sidoarjo, Beritasatu.com - Komisi Pemilihan Umum Daerah Jawa Timur (KPU Jatim) akan menambah 161 Tempat Pemungutan Suara (TPS) berbasis Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTb) pada Pemilu 17 April pekan depan. Tambahan TPS ini tersebar di 38 kabupaten-kota sehingga keseluruhan TPS di Jatim mencapai total 103.171 TPS.

“Semula kita usulkan tambahan 219 TPS. Asumsinya, tiap-tiap TPS kuota pemilihnya 300 orang. Namun penambahan itu disetujui KPU RI lebih dari 50 persen dari yang kami usulkan dengan berbagai alasan keterbatasan,” ujar Ketua KPU Jatim Choirul Anam, yang dikonfirmasi di kantornya di kawasan Sidoarjo, Kamis (11/4/2019) malam.

Ditegaskan, tambahan TPS DPTb tersebut sudah disetujui KPU RI yang terbagi merata di seluruh kota-kabupaten se-Jatim. TPS berbasis DPTb itu sebagian besar merupakan TPS berbasis DPTb yang ada di lembaga pemasyarakatan (lapas) sebanyak 77 TPS dan 84 TPS lainnya berada di lingkungan pondok pesantren (ponpes) di Jatim. Khusus bagi pemilih yang berstatus mahasiswa yang tersebar di beberapa kampus besar di Jatim, logistik didistribusikan ke TPS yang ada di sekitar kampus.

Sementara itu terkait logistik pemilu, lanjut Anam, sudah terkirim. Hanya saja, hingga saat ini, KPU Jatim masih menunggu surat suara dari pemilih tambahan yang baru dicetak oleh KPU RI.

“Sekarang ini kita tinggal menunggu logistik DPTb karena baru ditetapkan dua hari lalu. Diperkirakan tanggal 12 April ini sudah kita terima untuk suara berbasis DPTb,” tandas Choirul Anam sambil membenarkan logistik itu dikirim beserta surat undangan bagi pemilih



Sumber: Suara Pembaruan