Sulteng Masih Kekurangan 100.510 Surat Suara

Sulteng Masih Kekurangan 100.510 Surat Suara
Ilustrasi surat suara Pemilu 2019. ( Foto: Antara )
John Lory / JAS Jumat, 12 April 2019 | 08:17 WIB

Palu, Beritasatu.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tengah (Sulteng) menyatakan masih mengalami kekurangan ratusan lembar surat suara.

“Jumlah kekurangannya itu sekitar 100.510 surat suara,” kata Ketua KPU Sulteng, Tanwir Lamaming kepada wartawan di Palu, Kamis, (11/4/2019).

Tanwir mengatakan, jumlah tersebut merupakan kekurangan surat suara ditambah dengan surat suara yang rusak setelah proses sortir lipat yang dilakukan oleh KPU kabupaten dan kota di Sulteng.

“Surat suara yang rusak dan kurang itu totalnya sebanyak 1,3 persen dari total jumlah surat suara sebanyak 9.981.795,” ujarnya.

Dia menjelaskan, dari ratusan surat suara yang rusak dan kurang, terbanyak berasal dari KPU Kabupaten Parigi Moutong, disebabkan karena kehujanan saat distribusi dari Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Terhadap kekurangan surat suara tersebut, kata Tanwir, KPU Sulteng berdasarkan standar operasional prosedur yang ada telah mengklaim ke KPU RI di Jakarta.

Meski demikian, dia optimistis, surat suara yang kurang itu akan tiba di kabupaten dan kota di Silteng pada Jumat (12/4/2019).

“Kami sudah melakukan penjemputan langsung ke percetakan untuk mengambil kekurangan surat suara,” ujarnya.



Sumber: Suara Pembaruan