Nilai-nilai Pancasila Jadi Landasan Jambore Siswa Penabur

Nilai-nilai Pancasila Jadi Landasan Jambore Siswa Penabur
Kegiatan jambore SDK Penabur Jakarta yang diikuti oleh sekitar 2.000 pelajar dari 20 sekolah di Buperta Cibubur, Jakarta Timur, Jumat (12/4/2019) pagi. ( Foto: Suara Pembaruan / Carlos Roy Barus )
Carlos Roy Fajarta / BW Jumat, 12 April 2019 | 13:06 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Sebanyak 2.023 pelajar dari 20 SDK Penabur Jakarta dan sekitarnya mengikuti kegiatan jambore pramuka di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Jumat (12/4/2019).

Pembina upacara Jambore SDK Penabur, Purnomo Sigit menyebutkan, jambore mengajarkan anak-anak untuk memiliki mental, karakter, dan jiwa sosial di tengah perkembangan zaman dan teknologi informasi.

"Anak-anak dalam kegiatan jambore ini juga diminta selalu mengamalkan nilai-nilai Pancasila dan meneguhkan persatuan dan kesatuan bangsa dalam bersikap dan berucap," ujar Purnomo.

Kepala Seksi Kegiatan Kesiswaan BPK Penabur Jakarta, Lydia Fatonah menyebutkan, pendidikan karakter kebangsaan dengan mengajarkan nilai-nilai mencintai budaya dan perbedaan harus ditanamkan sejak dini.

"Sebelum melaksanakan kegiatan aktivitas olahraga, seni, dan keterampilan, mereka mengikuti upacara bendera dan nilai-nilai pramuka yang mengajarkan kedisiplinan, ketaatan, suka menolong, dan cinta persatuan Indonesia," kata Lydia.



Sumber: Suara Pembaruan