5 Parpol Diprediksi Gagal Lolos ke Senayan

5 Parpol Diprediksi Gagal Lolos ke Senayan
Hasanuddin Ali. ( Foto: Antara )
Yeremia Sukoyo / FER Jumat, 12 April 2019 | 17:59 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Alvara Research Center merilis hasil survei yang mengukur elektabilitas partai politik (Parpol) di Pemilu 17 April 2019 mendatang. Hasilnya, PSI, Hanura, Berkarya, PKPI, PBB dan Partai Garuda, merupakan partai yang berpeluang tidak lolos ambang batas parlemen atau Parlementary Threshold (PT).

"Partai yang tidak berpeluang lolos adalah PSI, Hanura, Berkarya, PKPI, PBB dan Partai Garuda dengan angka elektabilitas di bawah dua persen," kata Peneliti sekaligus CEO Alvara Research Center, Hasanuddin Ali, dalam rilis hasil akhir survei Alvara, di Jakarta, Jumat (12/4/2019).

Hasanuddin menjelaskan, dalam Pileg 2019, ada 10 besar parpol dengan elektabilitas paling tinggi. Pertama diraih PDIP dengan elektabilitas sebesar 28,2 persen. Kemudian disusul Gerindra 19,4 persen, Golkar 8 persen, PKB 6,8 persen.

Kemudian ada Partai Demokrat dengan elektabilitas 5,7 persen, PKS 5,6 persen, Nasdem 4,2 persen, PAN sebesar 4,1 persen, PPP sebesar 2,2 persen dan Perindo 2 persen. Sedangkan angka undecided voters mencapai 12 persen.

Menurut Hasanuddin, dalam Pileg 2019 diprediksikan hanya meloloskan 8 partai politik. Diantaranya PDIP, Gerindra, Golkar, PKB, Demokrat, PKS, Nasdem, dan PAN.

"Diprediksi akan terdapat delapan parpol yang lolos ke Senayan karena telah melewati ambang batas parlemen sebesar empat persen. Hanya ada dua yang berpeluang lolos, yakni PPP dan Perindo yang mendekati ambang batas," ucapnya.

Survei ini dilakukan dengan metode wawancara tatap muka kepada 2.000 responden yang berusia 17 tahun ke atas yang mempunyai hak pilih dengan margin of error 2,23 persen dan dilaksanakan pada 2 sampai 8 April 2019 di seluruh Provinsi di Indonesia.



Sumber: Suara Pembaruan