Pelapor Kasus Pengaturan Skor Dapat Perlindungan LPSK

Pelapor Kasus Pengaturan Skor Dapat Perlindungan LPSK
Kuasa hukum Lasmi Indaryani, Boyamin Saiman (batik biru), di Mapolda Metro Jaya. ( Foto: Beritasatu Photo / Bayu Marhaenjati )
Bayu Marhaenjati / JAS Jumat, 12 April 2019 | 20:00 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Mantan manajer Persibara Banjarnegara Lasmi Indaryani, pelapor kasus dugaan pengaturan skor, mendapatkan pengamanan dan perlindungan dari Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

"Jadi saya ke sini mewakili Lasmi bertemu Satgas (Satgas Antimafia Bola) bahwa LPSK telah mengabulkan permohonan pengamanan saksi," ujar kuasa hukum Lasmi, Boyamin Saiman, di Mapolda Metro Jaya, Jumat (12/4/2019).

Boyamin menyampaikan, tidak bisa mengungkapkan teknis pengamanannya. Namun, intinya LPSK telah mengabulkan permohonan perlindungan.

"Untuk teknis bentuknya seperti apa mohon maaf saya tidak bisa buka detailnya. Namun kemarin dihubungi lewat telepon dan rapat pimpinan intinya mengabulkan," ungkap Boyamin.

Dikatakan Boyamin, belum diketahui apakah pengamanan yang dilakukan melekat atau tidak.

"Namun setidaknya sudah diatur teknis perjanjian antara Lasmi dan LPSK untuk mengatur teknis. Karena bahasanya kalau untuk perlindungan melekat sampai sidang selesai itu seperti kalau di rumah, seperti orang di penjara sampai HP (ponsel) pun diamankan. Tapi apakah nanti melekat atau tidak itu kita lihat nanti teknisnya," kata Boyamin.

Boyamin menambahkan, apabila nanti Lasmi dipanggil kembali dalam proses pengembangan kasus atau persidangan, pihak penyidik dan kejaksaan akan berkoordinasi dengan LPSK.

Menurut Boyamin, proses permohonan perlindungan hingga dikabulkan memerlukan waktu sekitar satu bulan lebih. "Karena ada psikotes ternyata. Itu mendatangkan psikolog juga buat Lasmi waktu itu untuk evaluasi benar nggak dia tertekan, diancam segala macam. Jadi proses itu butuh administrasi dengan satgas dan suratnya dibalas. Habis itu setelah dibalas, ada psikotes dari psikolog. Jadi kami memaklumi itu," jelas Boyamin.



Sumber: BeritaSatu.com