9 Caleg DPR Dapil Jabar VIII yang Diprediksi Lolos ke Senayan

9 Caleg DPR Dapil Jabar VIII yang Diprediksi Lolos ke Senayan
9 Caleg DPR RI Dapil Jabar VIII diprediksi lolos ke Senayan
L Gora Kunjana / AO Jumat, 12 April 2019 | 22:43 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Lembaga survei Indonesia Politica Studies merilis hasil survei yang digelar pada 1-9 April 2019. Hasilnya, ada 9 nama calon anggota legislatif (caleg) yang akan lolos ke Senayan dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat VIII pada pemilihan umum 17 April nanti.

Dapil Jabar VIII meliputi Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, dan Kabupaten Indramayu. "Pada survei ini kami menggunakan metode multistage random sampling dengan 800 responden. Margin of error dalam survei sebesar plus-minus 4,7% pada tingkat kepercayaan 92%," ujar Andyto Pratama, Direktur Eksekutif Politica Studies pada keterangannya di Jakarta, Jumat (12/4/2019).

Sembilan nama tersebut adalah Dedi Wahidi (PKB), Anggawira (Partai Gerindra), Yoseph Umar Hadi (PDIP), Daniel Mutaqien (Partai Golkar), Nurul Qomar (Partai Nasdem), Netty Prasetiyani (PKS), Andri Kusuma (PAN), Sudiro Asno (Partai Hanura), dan Herman Khaeron (Partai Demokrat).

"Dalam pemilihan kesembilan nama tersebut, kami tidak melihat berdasarkan survei elektabilitas. Namun, kami mengolaborasikan dengan popularitas caleg tersebut dalam percakapan media sosial, jumlah followers, dan pemberitaan media online. Jadi, ada dua indikator gabungan antara survei offline dan online," lanjut Andyto.

Dia juga mengatakan, hasil survei ini merupakan sebuah prediksi yang dapat terus berubah sampai nanti menjelang Pemilu 17 April 2019.



Sumber: Investor Daily