Warga Sambut Proyek Tol Bengkulu-Sumsel

Warga Sambut Proyek Tol Bengkulu-Sumsel
Ilustrasi pembebasan lahan.
/ YUD Sabtu, 13 April 2019 | 20:05 WIB

Bengkulu, Beritasatu.com - Warga Kecamatan Talang Empat, Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu, dengan antusias mendukung proyek tol jalur Bengkulu-Lubuk Linggau Sumatera Selatan dengan mempercepat proses pembebasan lahan warga yang terkena dampak pembangunan.

“Warga yang terkena pembangunan sangat mendukung proyek ini dengan menyetujui cepat lahan mereka untuk ruas tol,” kata Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Bengkulu Hamka Sabri di Bengkulu, Sabtu (13/4/2019).

Ia mengatakan pembangunan jalan tol ruas Kota Bengkulu–Lubuklinggau tahap pertama sepanjang 17,625 kilometer berjalan lancar dan tanpa kendala yang berarti.

Dalam pekan ini Tim Persiapan dan Tim Sekretariat Persiapan Pengadaan Tanah untuk Pembangunan Jalan Tol Lubuk Linggau - Curup - Bengkulu tahap satu yakni jalur Bengkulu - Taba Penanjung (STA.0+000 - STA.17+625) telah menggelar sosialisasi kepada masyarakat.

“Sosialisasi kepada masyarakat sangat penting sehingga mereka memahami dampak positif yang akan terjadi bila jalur ini dibangun dan mereka menyetujui dan mendukung,” ucapnya.

Hamka yang Ketua Tim Persiapan Pengadaan Tanah untuk Pembangunan Jalan Tol Lubuk Linggau - Curup - Bengkulu Tahap I mengatakan tim bersama warga sudah mengecek langsung ke lapangan terkait data lahan yang terkena dampak pembangunan.

Setelah pendataan ke lapangan maka data tersebut akan diserahkan kepada pihak Kanwil BPN/ATR Provinsi Bengkulu. Pendataan lahan warga ini ditargetkan selesai 31 Mei 2019.

“Untuk status ganti untung terhadap lahan warga ini kita serahkan sepenuhnya kepada pihak BPN untuk penentuan harga, baik itu untuk lahan maupun tanam tumbuhnya," katanya.



Sumber: ANTARA