Pastor Neles Tebay Meninggal Dunia

Pastor Neles Tebay Meninggal Dunia
Neles Tebay. ( Foto: SP/Robert Isidorus )
Robert Isidorus / AB Minggu, 14 April 2019 | 14:42 WIB

Jayapura, Beritasatu.com - Umat Katolik Papua yang sedang merayakan Minggu Palma menerima berita duka, yakni Koordinator Jaringan Damai Papua, Neles Tebay Pr meninggal pukul 12.15 WIB di RS St Carolus Jakarta. Berita duka ini cepat menyebar lewat pesan singkat dan media sosial.

“Ya, benar hari telah kembali ke rumah Bapa, pastor Neles Tebay yang merupakan tiang gereja di Papua, harapan umat, dan masyarakat Papua, juga intelektual Papua. Mari kita berdoa untuk almarhum," ujar Sekertaris Eksekutif KWI, Sipri Hormat dalam pesan pendek yang diterima Suara Pembaruan, Minggu (14/4/2019) siang.

Pengamat Papua, Wolas T Krenak mengaku kehilangan tokoh yang memiliki ketajaman berpikir dan menulis. "Ketajaman pena pastor Neles Tebay merupakan salah satu jembatan emas bagi dialog damai Papua-Jakarta. Tebay adalah permata damai di hati setiap manusia pencinta damai," ujar mantan anggota Majelis Rakyat Papua Barat ini.

Almarhum adalah penulis untuk surat kabar Kompas, Suara Pembaruan, The Jakarta Post, dan Tifa, serta menulis banyak buku.

Ketua STFT Katolik Abepura Jayapura Papua, Neles Tebay merupakan salah satu pastor terkemuka di tanah Papua yang lahir di Moanemani, Wissel Paniai 13 Februari 1964. Sebagai anak muda, dia berada di asrama sekolah menengah atas di bawah bimbingan Francis Friar Jan Serps.

Ia belajar di Fajar Timur di Jayapura dan setelah penahbisannya pada 1992, memperoleh gelar master dalam Manila dan gelar doktor di Universitas Kepausan Urbaniana, Roma.



Sumber: Suara Pembaruan