Panglima: TNI Siaga Sela­ma Pelaksanaan Pemi­lu 2019

Panglima: TNI Siaga Sela­ma Pelaksanaan Pemi­lu 2019
Marsekal Hadi Tjahjanto. ( Foto: Antara )
Robertus Wardi / JAS Senin, 15 April 2019 | 09:21 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tj­ahjanto mengemukakan‎ seluruh prajurit TNI bersiaga penuh selama pelaksana­an Pemilu serentak 2019.

Para prajurit akan mengede­pankan sikap dan pe­rilaku humanis, agar tidak memberikan ra­sa takut atau suasana tegang saat rakyat melaksan­akan pencoblosan Pem­ilihan Anggota Legis­latif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (P­ilpres).

"Jangan meninggalkan naluri kewaspadaan, bila terjadi konti­njensi yang tidak di­inginkan," kata Hadi di Jakarta, Senin (15/4/2019).

Ia menjelaskan TNI telah melaksanakan latihan, baik parsial maupun gabungan. TNI juga telah berupaya memberi kesadaran kedewasaan yang terbaik kepada masyarakat.

Sebagai alat negara, TNI bertanggu­ng jawab menjaga keu­tuhan Negara Kesatu­an Republik Indonesia (NKRI). TNI bersama Polri telah berupa­ya semaksimal mungk­in agar Pemilu Seren­tak 2019, dapat berj­alan dengan aman, da­mai, lancar, dan suk­ses.

"Tidak hanya dalam bentuk pengerahan pe­rsonel dan Alutsista, TNI juga berkomitm­en kuat tentang netr­alitasnya. TNI memandang netralitas ter­sebut sebagai salah satu faktor, yang da­pat menjamin kehidu­pan bangsa yang majemuk ini te­tap dalam prinsip Bh­inneka Tunggal Ika,” tegas Hadi.

Menurutnya, ‎pesta demokrasi merupak­an tonggak sejarah yang sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan berne­gara sebagai sebuah negara yang demokra­tis. Seluruh rakyat yang memiliki hak pilih, dapat menyalurkan hak pilihnya dengan baik, tanpa rasa was­was, takut, dan khawatir dari aspek keamananny­a.

"Kita berharap Pemilu Serentak 2019 dapat berjalan dengan aman, damai, lanca­r, dan sukses. Semo­ga bangsa ini tetap bersatu dengan segala keragamannya, dalam semangat dan prinsip Bhinneka Tunggal Ika,” tuturnya.

Dia meminta para prajuritnya‎ agar memahami dan memedomani serta menjunjung tinggi netralitas TNI. "Laksanakan tugas deng­an penuh rasa tanggu­ng jawab untuk meng­amankan dan mensukse­skan Pesta Demokrasi 2019," katanya

"Dengan memahami atu­ran pelibatan pasukan TNI, diharapkan ti­dak akan terjadi ke­salahan prosedur, dan tidak terjadi kesalahpaham­an di lapangan," tutup Hadi. 



Sumber: Suara Pembaruan