Vanessa Angel Ikuti Pap Smear di Rutan

Vanessa Angel Ikuti Pap Smear di Rutan
Vanessa Angel. ( Foto: Antara )
Aries Sudiono / JAS Senin, 15 April 2019 | 11:49 WIB

Sidoarjo, Beritasatu.com - Artis film televisi Vanessa Angel (27) yang berstatus tahanan kasus prostitusi dalam jaringan (online) Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya, ikut terdaftar menjalani pemeriksaan deteksi dini kanker serviks (pap smear) dan payudara gratis dari Yayasan Fatma atau Fatma Foundation.

Pemeriksaan dilakukan di atas bus operasional di Rumah Tahanan Negara (Rutan) khusus Wanita Kelas IIA Surabaya di Medaeng, Sidoarjo, Sabtu (13/4) baru lalu. Vanessa merupakan salah satu dari 157 perempuan yang ikut menjalani pemeriksaan kesehatan gratis khusus bagi warga binaan (narapidana penghuni) rutan yang digelar sejak pukul 13.30 WIB hingga 16.30 WIB.

“Saya pribadi dan teman-teman yang berada di Rutan, merasa senang karena ada yayasan seperti Fatma Foundation yang begitu peduli kepada warga binaan dan sangat memperhatikan kesehatan kami. Terima kasih kepada ibu Fatma semoga kegiatan seperti ini terus dilakukan terutama untuk warga binaan yang mungkin tidak setiap tahun bisa mengikuti pap smear,” kata Vanessa yang duduk berbaur dengan warga binaan lainnya menunggu giliran pemeriksaan.

Pendiri Yayasan Citra Fatma Wanita, Fatma Saifullah Yusuf, isteri mantan Wagub Jatim Saifullah Yusuf alias Gus Ipul di tempat yang sama didampingi Pelaskana tugas (Plt) Kepala Rutan Perempuan Kelas II A Surabaya, Teguh Pamuji, menjelaskan, bahwa penyuluhan dan pemeriksaan terhadap perempuan warga binaan kali ini merupakan bagian dari program yang terus dijalankan sejak Fatma Foundation diluncurkan 4 Februari 2019 lalu.

"Menurut para ahli, penyakit kanker tidak mengenal tempat, baik itu di luar maupun di dalam rutan. Sehingga setiap wanita pasti berpotensi terserang kanker baik itu kanker payudara maupun serviks," tandas Fatma.

Ia mengungkapkan, bahwa yayasan sosial yang dipimpinnya selanjutnya akan berkeliling kota-kabupaten di Jatim, dari kampung ke kampung. Targetnya bisa melakukan deteksi dini minimal ada 50 perempuan yang akan diperiksa gratis di setiap titik kegiatan setelah diberikan sosialisasi ke para peserta.

Dia mengatakan, mendapat inspirasi untuk mendirikan yayasan tersebut saat dirinya menjadi Ketua BKOW Jatim, organisasi yang menaungi 46 organisasi wanita.

Pada bagian lain diungkapkan, bahwa menurut laporan WHO, mencatat pada tahun 2018 terdapat 9,8 juta jiwa wanita meninggal akibat kanker, di mana kanker payudara dan serviks menyumbang angka yang terbesar.

Dari data yang ada juga menunjukkan tidak kurang dari 627.000 perempuan di Indonesia yang meninggal akibat kanker payudara. “Di tahun yang sama, terdapat 21.000 kasus baru kanker serviks menyerang perempuan di negara kita,” tandas Fatma sambil membenarkan, alamat Fatma Foundation berkantor pusat di kompleks perumahan The Gayungsari, Kota Surabaya, Jatim.

Lebih lanjut dikemukakan, melalui penyuluhan dan pemeriksaan pap smear kali ini, para perempuan warga binaan di Rutan Medaeng, diharapkan bisa terdeteksi secara dini potensi terjangkit penyakit kanker.

“Kita, Yayasan Citra Fatma Wanita sengaja menyiapkan bus operasional khusus untuk pemeriksaan tim dokter yang dilengkapi dengan peralatan pap smear dan payudara yang cukup modern. Kondisi di dalam bus juga sangat nyaman dan dilengkapi pendingin udara AC,” ujar isteri Gus Ipul sambil menambahkan, bahwa artis Vanessa Angel ikut dengan suka cita mendengarkan penyuluhan dan pemeriksaan kanker serviks dan payudara yang berlangsung tiga jam.

Menurut Teguh Pamuji, jumlah tahanan wanita yang ada di Rutan seluruhnya ada 162 orang. Namun yang bisa hadir hanya 157 orang. “Yang lain ada alasan tidak bisa ikut karena berhalangan,” ujarnya sambil membenarkan, Vanessa sebagai salah satu dari 157 warga binaan yang hadir selama kegiatan tampak bersuka cita, bersemangat dan mengikutinya dengan penuh perhatian.



Sumber: Suara Pembaruan