680 Kotak Suara di Bogor Rusak Terandam Banjir

680 Kotak Suara di Bogor Rusak Terandam Banjir
Sebanyak 680 kotak suara yang tersimpan di gudang logistik PPK Ciseeng, Desa Cibentang, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor, rusak akibat banjir, Minggu, 14 Maret 2019. ( Foto: Beritasatu Photo / Vento Saudale )
Vento Saudale / JAS Senin, 15 April 2019 | 13:21 WIB

Bogor, Beritasatu.com – Sebanyak 680 kotak suara yang tersimpan di gudang logistik PPK Ciseeng, Desa Cibentang, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor, rusak. Kendati banyak kotak suara rusak, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor memastikan tidak akan mengganggu proses pencoblosan dua hari mendatang.

“Ada 680 kotak suara yang tersimpan di gudang Ciseeng rusak akibat terendam luapan air yang berasal dari selokan tidak jauh dari penyimpanan,” kata Ketua KPU Kabupaten Bogor Ummi Wahyuni saat dikonfirmasi Beritasatu.com, Senin (15/4/2019).

Kata dia, peristiwa tidak terduga itu terjadi ketika Minggu (14/4/2019) sore hujan deras mengguyur wilayah Bogor. Tiba-tiba air dari selokan meluap dan masuk ke dalam gudang penyimpanan kotak suara. Tidak hanya air, material lumpur juga ikut masuk.

“Kotak suara disusun ke atas dan kotak suara yang rusak berada paling bawah. Sebagian lagi kotak suara sekitar 1.000 lebih masih bisa digunakan,” katanya.

Kendati ratusan kotak suara yang rusak, Ummi memastikan proses pencoblosan dalam dua hari mendatang dapat terselenggara. Selain mempunyai sekitar 1.000 kotak suara cadangan, KPU Kabupaten Bogor juga sudah meminta kepada KPU Pusat untuk segera mengganti kotak suara yang rusak.

“Tidak berpengaruh, di gudang logistik KPU masih ada kotak suara cadangan. Yang rusak ini sudah dibuatkan assessment untuk segara diganti,” katanya.

Ummi mengaku pihaknya telah mengantisipasi jauh-jauh hari cuaca di Bogor yang kerap hujan. Pihak KPU Kabupaten Bogor telah meminta petugas dari tingkat kecamatan hingga desa untuk mengamankan logistik pemilu.

Ummi pun mengklaim persiapan pemilu di Kabupaten Bogor telah mencapai 80 persen. Saat ini KPU tengah merampungkan distribusi logistik ke sekitar lima belas ribu tempat pemungutan suara di Kabupaten Bogor.



Sumber: BeritaSatu.com