Banten Urutan Kelima untuk Kontribusi Ekspor Terbesar di Indonesia

Banten Urutan Kelima untuk Kontribusi Ekspor Terbesar di Indonesia
Gubernur Banten Wahidin Halim melakukan inspeksi mendadak ke SMAN Cahaya Madani Banten Boarding School (CMBBS) di Pandeglang, Banten, Selasa, 2 April 2019. ( Foto: Suara Pembaruan / Laurens Dami )
Laurens Dami / JEM Selasa, 16 April 2019 | 09:16 WIB

Serang, Beritasatu.com - Provinsi Banten masuk dalam lima besar daerah di Indonesia dengan kontribusi ekspor terbesar dari dalam negeri.

Urutan pertama ditempati Provinsi Jawa Barat, disusul Jawa Timur, Kalimantan Timur, Riau, kemudian Provinsi Banten.

Sementara untuk rincian berdasarkan persentansenya, Jawa Barat sebesar 18,23 persen dari total ekspor nasional; disusul Jawa Timur sebesar 11,56 persen; Kalimantan Timur sebesar 10,36 persen; Riau 7,14 persen, dan Provinsi Banten sebesar 6,90 persen.

Hal tersebut terungkap dalam video conference Kepala BPS RI di Kantor BPS Provinsi Banten, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Kecamatan Curug, Kota Serang, Senin (15/4/2019).

Menanggapi hal ini, Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan bahwa Provinsi Banten diarahkan untuk memacu pertumbuhan industri orientasi ekspor besar khususnya untuk padat karya maupun industri kreatif/UKM karena hal ini diyakini dapat menyerap tenaga kerja di Banten.

Wahidin mengatakan salah satu yang memberikan konstribusi terhadap nilai ekspor nasional dari Banten adalah produk industri kreatif. Banten masuk urutan ketiga Nasional dimana urutannya pada kategori tersebut dengan urutan Jawa Barat sebesar 33,56%, Jawa Timur sebesar 20,85% dan ketiga Provinsi Banten sebesar 15,6%.

Selain itu, Pemerintah Provinsi Banten juga terus mendukung penguatan sumber daya manusia (SDM) industri dengan program link and match SMK dengan industri, peningkatan ekspor produk industri kreatif dan produk UMKM.

Industri padat karya andalan penyumbang ekspor di Provinsi Banten diantaranya berupa produk alas kaki, elektronik, dan tekstil.



Sumber: Suara Pembaruan