Gubernur Jabar Tebar Hadiah untuk TPS Unik dan Swafoto Kreatif

Gubernur Jabar Tebar Hadiah untuk TPS Unik dan Swafoto Kreatif
Ridwan Kamil menghadiri Konser Putih Bersatu di Gelora Bung Karno (GBK) Sabtu (13/3/2019). ( Foto: Istimewa )
Adi Marsiela / FMB Rabu, 17 April 2019 | 09:44 WIB

Bandung, Beritasatu.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyiapkan sejumlah hadiah berupa untuk panitia pemungutan suara yang sukses menata tempat pemungutan suara (TPS) unik, tingkat partisipasi pemilih tinggi, serta pemilih yang sukses membuat swafoto kreatif.

Ketiga kategori lomba itu bakal ada apresiasi Rp 15 juta untuk pemenang pertama, Rp 10 juta buat peringkat dua, dan Rp 5 juta untuk peringkat tiga. “Tingkat lombanya se-Jawa Barat,” kata Ridwan di Bandung, Selasa (16/4/2019).

Dia juga meminta jurnalis untuk memberikan penilaian untuk kategori khusus terkait apresiasi bagi penyelenggara pemilu yang paling heroik. Hadiahnya juga sama. Peringkat pertama Rp 15 juta, peringkat dua sebesar Rp 10 juta, dan peringkat tiga Rp 5 juta. “Karena susah verifikasinya, saya hanya dari wartawan yang jadi titik masuknya. Mohon monitor cerita yang luar biasa, yang paling mengharukan,” kata Ridwan.

Cara mengikuti lomba itu cukup dengan mengunggah foto via akun Instagram dengan menyebut akun pribadi gubernur dan akun humas Jawa Barat. Setiap unggahan diberi tagar #PemiluJabarGembira.

Seluruh hadiah itu berasal dari kantong pribadi gubernur. “Saya pribadi sebagai gubernur akan memberikan apresiasi,” tegas Ridwan sembari mengingatkan lomba swafoto itu dilakukan di tempat pemungutan suara bukan di bilik suara.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat menargetkan angka partisipasi pemilih pada pemilu yang dinilai paling rumit sedunia setidaknya bisa melebihi 73 persen. Patokan itu berdasarkan partisipasi pemilih pada pemilihan gubernur tahun 2018 lalu. “Kalau bisa sampai 80 persen itu jadi rekor tersendiri,” imbuh Ridwan sembari menambahkan partisipasi pemilih pada pemilihan presiden tahun 2014 di Jawa Barat mencapai 70 persen.

Upaya menarik kehadiran pemilih ini juga dilakukan komisi pemilihan umum (KPU) lewat lomba swafoto di tempat pemungutan suara bertajuk “Gayamu, Suaramu”. Ketua KPU Jawa Barat, Rifqi Ali Mubarok mengatakan, penyelenggaraan lomba itu dilakukan oleh 27 KPU kabupaten dan kota di Jawa Barat.

KPU Kota Bandung menyediakan hadiah untuk enam orang pemenang. Hadiah berupa yang itu nominalnya Rp 1 juta, Rp 750.000, Rp 600.000, Rp 400.000, Rp 300.000, dan Rp 100.000. Sementara untuk TPS yang unik dan kreatif bakal mendapatkan hadiah, masing-masing Rp 1,5 juta, Rp 750.000, dan Rp 500.000. Kriteria penilaiannya adalah kreativitas, informatif, kompak, dan mendapatkan respon ‘like’ terbanyak di akun Instagram. “Pemilu ini pesta demokrasi maka kita harus bergembira,” tegas Rifqi.



Sumber: Suara Pembaruan