Siapa pun Pemenang Pemilu, Gubernur Minta Masyarakat Tak Lepas Kendali

Siapa pun Pemenang Pemilu, Gubernur Minta Masyarakat Tak Lepas Kendali
Gubenur Sulawesi Tengah (Sulteng) Longki Djanggola terkait konflik Poso ( Foto: Beritasatu.com )
John Lory / JEM Rabu, 17 April 2019 | 12:39 WIB

Palu, Beritasatu.com - Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Longki Djanggola didampimgi istri Ny. Dzadzulmida A Djanggola, memberikan hak suaranya pada Pemilu 2019 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 05 Kelurahan Lolu Utara, Kecamatan Palu Timur, Kota Palu, Rabu (17/4/2019).

Pantauan BeritaSatu.com hingga siang ini, suasana masyarakat di Kota Palu menyambut pemilihan umum serentak presiden dan wakil presiden serta pemilihan anggota legislatif masih aman dan terkendali.

Meski demikian, Gubernur Longki mengimbau masyarakat agar tetap mengendalikan diri dan menerima hasil perhitungan suara nantinya.

“Siapa pun yang terpilih, saya imbau agar masyarakat tidak melakukan tindakan hura-hura, lepas kontrol, lepas kendali. Semua tetap mengendalikan diri,” kata Longki, kepada sejumlah wartawan seusai memberikan hak suaranya di TPS 05.

Selain Gubernur Longki dan istri, mantan Bupati Buol, Abdul Karim Hanggi bersama istri, juga memberikan hak suaranya di TPS 05.

Bagi warga yang tidak mendapatkan formulir C6, Longki mengimbau agar dapat memperlihatkan KTP elektroniknya kepada petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) di TPS sesuai alamat KTP elektronik.

Longki juga mengakui hingga saat ini masih ada beberapa TPS di Sulteng yang mengalami keterlambatan pengiriman surat suara.

Dia menjelaskan, nantinya TPS yang mengalami keterlambatan pengiriman surat suara, akan tetap melaksanakan pemilihan, meski waktunya berbeda dengan TPS lainnya.

Sebelumnya, orang nomor satu di Sulteng itu meminta seluruh pemangku kepentingan, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat di wilayah itu ikut menjaga proses Pemilu serentak ini agar berjalan aman, tertib, jujur, adil dan demokratis. 



Sumber: Suara Pembaruan