Pencoblosan di Sejumlah TPS di Bengkulu Berlangsung Lancar

Pencoblosan di Sejumlah TPS di Bengkulu Berlangsung Lancar
Ilustrasi pemungutan suara Pemilu 2019. ( Foto: Antara )
Usmin / JAS Rabu, 17 April 2019 | 12:50 WIB

Bengkulu, Beritasatu.com - Pelaksanaan pencoblosan di sejumlah TPS di Kota Bengkulu, pada Pemilu serentak Rabu (17/4) berlangsung aman dan lancar.

Warga Kota Bengkulu, sejak pukul 07.30 WIB mendatangi TPS terdekat untuk menyalurkan hak politiknya sesuai dengan hati nurani.

Keterangan yang dihimpun Suara Pembaruan, di Bengkulu, Rabu hingga pukul 10.00 WIB, rata-rata di atas 65 persen dari jumlah DPT di masing-masing TPS sudah menyalurkan hak politiknya, seperti di TPS 15 Padangka Nangka dari 207 pemilih, yang sudah menggunakan hak politiknya lebih dari 120 pemilih.

Demikian pula di TPS 16 juga pemilih yang sudah menyalurkan hak politiknya mencapai diatas 60 persen. "Minat masyarakat untuk menyalurkan hak pilihnya cukup tinggi. Buktinya, sampai saat ini sudah ada 60 persen lebih warga menggunakan hak pilihnya di TPS 16," kata Aan, petugas TPS setempat.

Ia mengatakan, melihat animo masyarakat datang ke TPS cukup tinggi untuk memilih Presiden, Wakil Presiden, DPD, DPR, DPRD provinsi dan kota pada Pemilu tersebut, dirinya optimistis angka partisipasi pemilih Pemilu di daerah ini bisa diatas 80 persen.

Dirinya berharap warga di sekitar TPS 16 yang sudah mendapat surat panggilan ke TPS agar menggunakan hak pilih dengan baik pada Pemilu tersebut. Sebab, Pemilu kali ini sangat penting karena menentukan nasib bangsa lima tahun ke depan.

Hal senada diungkapkan Yanto (36), petugas KPPS lainnya. Ia mengatakan, minat warga Kota Bengkulu datang ke TPS untuk memilih pada Pemilu serentak hari ini lumayan baik dibanding Pemilu sebelumnya.

"Saya optimistis tingkat partisipasi pemilih di Kota Bengkulu, pada Pemilu serentak yang digelar hari ini akan meningkat dari biasanya. Dimana pada Pilkada Wali Kota Bengkulu tahun 2018 lalu, tingkat partisipasi masyarakat hanya 78 persen, tapi pemilu kali ini pemilih tinggi diatas 80 persen," ujarnya.

Anggota KPU Kota Bengkulu, Romi Sugara mengatakan, pelaksanaan Pemilu di daerah ini sampai sekarang masih berjalan lancar, aman dan terkendali dan tidak terjadi hal-hal yang dapat menghambat pelaksanaan pesta demokrasi di daerah ini.

"Kita berharap sampai selesai pelaksanaan Pemilu di Kota Bengkulu, berlangsung aman dan lancar sesuai yang kita harapkan," ujarnya.

Romi mengimnbau masyarakat yang sudah mendapat surat panggilan ke TPS agar mendatanginya untuk menyalurkan hak pilih sesuai hari nurani. "Kita mengimbau warga Kota Bengkulu memiliki hak pilih tidak golput," ujarnya.



Sumber: Suara Pembaruan