3 TPS di Jambi Terdampak Banjir Tak Bisa Laksanakan Pemungutan Suara

3 TPS di Jambi Terdampak Banjir Tak Bisa Laksanakan Pemungutan Suara
Ilustrasi tempat pemungutan suara (TPS). ( Foto: B1/Vento Saudale )
Radesman Saragih / JEM Rabu, 17 April 2019 | 13:09 WIB

Jambi, Beritasatu.com - Bencana banjir yang melanda beberapa wilayah di Kota Jambi telah menghambat pemungutan suara di beberapa tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu 2019 di kota itu. Bahkan pengutan suara di beberapa TPS di Kota Jambi belum bisa dilakukan hingga Rabu (14/4/2019) pukul 12.00 WIB akibat terendamnya sejumlah TPS.

Pantauan Beritasatu.com di perumahan Kembar Lestari, Kecamatan Alambarajo, Kota Jambi, (17/4/2019) siang, warga belum ada yang melakukan pencoblosan karena tiga TPS di perumahan tersebut terendam banjir. Kemudian sebagian warga yang rumahnya terendam banjir di Kembar Lestari, Kota Jambi juga masih mengurus rumah mereka yang terendam banjir. Sedangkan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di perumahan tersebut juga belum memindahkan TPS.

“Kami belum terpikir mencoblos ke TPS. Kami masih mengurus rumah yang banjir. Kemudian TPS di perumahan ini juga masih terendam banjir, belum dipindah ke daerah yang lebih tinggi,” kata Rehan (45), warga perumahan Kembar Lestari, Kota Jambi, Rabu siang.

Sementara itu, komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jambi, Hazairin menjelaskan, tiga TPS yang terendam banjir di perumahan Kembar Lestari, Kota Jambi terdapat di rukun tetangga (RT) 56. TPS yang terendam banjir tersebut yakni TPS 111, TPS 112, dan TPS 113, Kota Jambi. Jumlah warga yang belum bisa melakukan pencoblosan di tiga TPS tersebut sekitar 600 orang.

“Pemungutan suara di tiga TPS tersebut belum bisa dilakukan hingga Rabu siang karena lokasi TPS masih terendam banjir dan belum ada TPS pengganti. Pemungutan suara di tiga TPS tersebut ditunda hingga banjir surut,” ujarnya.

Secara terpisah, Ketua RT 56, perumahan Kembar Lestari, Kota Jambi, Bujang Hanif mengatakan, pemungutan suara di tiga TPS di RT 56 perumahan tersebut tidak memungkinkan dilakukan Rabu (17/4/2019). Masalahnya warga masih fokus mengurus rumah dan barang-barang mereka yang terendam banjir. Kemudian TPS dan akses jalan ke perumahan masih terendam banjir.

"Kami meminta pemungutan suara di tiga TPS di RT 56, perumahan Kembar Lestari, Kota Jambi ditunda besok, Kamis (18/4/2019). Jika pemungutan suara dipaksakan di tiga TPS di perumahan tersebut, dikhawatirkan beberapa logistic pemilu rusak, terutama surat suara. Kemudian warga pun dikhawatirkan tidak datang ke TPS karena rumah mereka masih terendam banjir,” ujarnya.



Sumber: Suara Pembaruan