Banjir, Pemungutan Suara di 24 TPS Kota Jambi Ditunda

Banjir, Pemungutan Suara di 24 TPS Kota Jambi Ditunda
Ilustrasi Pemilu 2019. ( Foto: AFP )
Radesman Saragih / YUD Rabu, 17 April 2019 | 20:06 WIB

Jambi, Beritasatu.com - Pemungutan suara pemilihan umum (Pemilu) 2019 di 24 tempat pemungutan suara (TPS) di Kota Jambi akhirnya ditunda hingga Kamis (18/4/2019). Penundaan pemungutan suara tersebut disebabkan banjir yang merendam beberapa TPS dan logistik pemilu.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jambi, Yatno di Kota Jambi, Rabu (17/4/2019) mengatakan, penundaan pemungutan suara di 24 TPS di Kota Jambi terpaksa dilakukan akibat banjir. Banjir tidaksaja merendam beberapa TPS, tetapi juga merusak logistik pemilu.

“Pemungutan suara di 24 TPS yang terkena banjir tidak mungkin dilakukan Rabu (17/4). Karena itu pemungutan suara di 24 TPS tersebut ditunda hingga Kamis (18/4). Kami sudah melakukan pleno mengenai penundaan pemungutan suara tersebut,”katanya.

Sementara itu Komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Jambi, Johan Wahyudi di Kota Jambi, Rabu (17/4) menjelaskan, berdasarkan pantauan Bawaslu Kota Jambi, penundaan pemungutan suara di TPS yang terkena banjir tersebut antara lain terdapat di tiga TPS perumahan Kembar Lestari, Kecamatan Alambarajo. Kemudian penundaan pemungutan suara di puluhan TPS di Kelurahan Payoselincah dan Paalmerah, Jambi Selatan, juga dilakukan akibat kotak suara yang rusak akibat banjir.

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan KPU Kota Jambi mengenai penundaan pemungutan suara di 24 TPS di Kota Jambi. Pemungutan suara di 24 TPS tersebut dilakukan Kamis (18/4),”katanya.

Menurut Johan Wahyudi, penundaan pemungutan suara di 24 TPS di Kota Jambi itu sudah dengan Undang-undang (UU) No 7 Tahun 2017 Pasal 372 tentang Pemilu. Berdasaerkan UU tersebut, pemungutan suara pemilu bisa ditunda jika terjadi bencana alam.



Sumber: Suara Pembaruan