Menag Siapkan Fasilitas untuk Tambahan 10 Ribu Kuota Haji

Menag Siapkan Fasilitas untuk Tambahan 10 Ribu Kuota Haji
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin tiba di Kantor Kementerian Agama, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Senin 18 Maret 2019. ( Foto: SP/Joanito De Saojoao. / SP/Joanito De Saojoao. )
Aichi Halik / AHL Kamis, 18 April 2019 | 17:04 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin menyatakan, pihaknya akan menyiapkan segala fasilitas dan kebutuhan yang diperlukan terkait penambahan 10 ribu kuota jamaah haji tahun 2019.

“Saya sampaikan bahwa pada dasarnya kami di Kementerian Agama akan all out merealisasikan penyiapan pengadaan fasilitas, pelayanan dan segala sesuatu untuk tambahan 10 ribu jamaah haji kita,” kata Lukman usai rapat terbatas (ratas) tentang penambahan 10 ribu kuota haji di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (18/4/2019).

Lukman juga menyampaikan perlunya menyediakan anggaran baru sebagai konsekuensi dari penambahan 10 ribu kuota haji.

Anggaran itu nantinya dialokasikan untuk kebutuhan jemaah maupun petugas Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD).

“Karena konsekuensi dengan tambahan 10 ribu jemaah haji tentu kloter akan bertambah dan petugas kloter juga akan bertambah,” ujar Lukman.

Menurut Lukman, rencananya sebagian anggaran untuk memenuhi kebutuhan penambahan 10 ribu kuota haji akan diambil dari Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH). Menurut dia, pihaknya masih menghitung berapa estimasi anggaran yang perlu dialokasikan BPKH, Kementerian Agama, dan APBN.

"Nanti sebagian akan didapat dari BPKH, sebagian dari efisiensi Kemenag, terakhir APBN kita untuk biayai petugas," jelas Lukman.

Pemerintah Arab Saudi telah menyetujui permintaan penambahan 10 ribu kuota jemaah haji asal Indonesia. Penegasan persetujuan tersebut disampaikan Arab Saudi pada Minggu malam (14/4/2019). Saat itu, Jokowi bertemu Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud dan Putra Mahkota Muhammad bin Salman di Riyadh.



Sumber: BeritaSatu TV