Banyak Pelanggaran, 10 TPS di Banten Lakukan Pemungutan Suara Ulang

Banyak Pelanggaran, 10 TPS di Banten Lakukan Pemungutan Suara Ulang
Ilustrasi tempat pemungutan suara (TPS). ( Foto: B1/Vento Saudale )
Laurens Dami / FMB Minggu, 21 April 2019 | 09:38 WIB

Serang, Beritasatu.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten siap melaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 10 tempat pemungutan suara (TPS) pada Minggu, 21 April 2019 dan Rabu, 24 April 2019. PSU dilakukan karena adanya pelanggaran yang dilakukan penyelenggara pada saat pemungutan suara, Rabu (17/4/2019) lalu. Seluruh kebutuhan baik logistik maupun petugas telah disiapkan oleh KPU Banten.

"Kami sudah siap melaksanakan PSU. Logistik pemilu, kertas suara dan kotak suara sudah siap,” kata Komisioner KPU Banten Eka Satialaksmana, Sabtu (20/4/2019).

Bawaslu Banten pun siap mengawal proses pencoblosan ulang di 10 TPS yang ada di Banten, termasuk mengawasi agar tidak ada lagi kesalahan yang sama.

Ke-10 TPS yang melakukan PSU tersebut yakni TPS 5 Cipocok, Kota Serang dilakukan PSU hanya untuk pemilihan presiden dan wakil presiden. Selain itu, TPS 24 Ciloang, Sumur Pecung, Kota Serang dilakukan PSU semua, baik Pilpres maupun pileg.

Selanjutnya di Kabupaten Serang TPS 8 Kemuning, Tunjung Teja dilakukan PSU pilpres dan pileg. TPS Bunar, Kabupaten Tangerang, PSU untuk pilpres dan pileg.

Badrul Munir, Komisioner Bawaslu Banten memaparkan bahwa pelaksanaan PSU di 10 TPS tersebut tidak dilakukan secara serentak.

Berikut 10 lokasi TPS yang menggelar PSU di Provinsi Banten beserta tanggal pelaksanaannya:

Pertama, TPS 8 Desa Kemuning, Kecamatan Tunjung Teja, Kabupaten Serang, Banten. Kesalahan karena kotak suara dibuka sebelum proses pemungutan selesai, tanpa diketahui PTPS dan saksi. Pelakunya oleh Ketua KPPS. PSU seluruh tingkatan, pilpres dan pileg dilaksanakan pada Minggu, 21 April 2019.

Kedua, TPS 13, Desa Pasar Keong, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak, Banten. Kesalahan surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden yang digunakan 264 lembar, padahal pemilih yang menggunakan hak pilih hanya 257 lembar. PSU untuk pilpres. Dilaksanakan pada Rabu, 24 April 2019.

Ketiga, TPS 9, Desa Bojong Sae, Kecanatan Cibadak, Kabupaten Lebak. Kesalahan karena menbuka kotak suara DPRD Kabupaten tidak disaksikan oleh PPTPS dan saksi. PSU untuk kertas suara DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Dilaksanakan pada Rabu, 24 April 2019.

Keempat, TPS 4, Desa Sindang Wangi, Kecamatan Muncang, Kabupaten Lebak. Kesalahan pada pengguna e-KTP luar daerah Lebak (tanpa A5). PSU semua tingkatan, eksekutif dan legislatif. Dilaksanakan pada Rabu, 24 April 2019.

Kelima, TPS 13, Desa Cijoro, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak. Kesalahan pada pemilih e-KTP luar daerah Lebak (tanpa A5). PSU pada kertas suara eksekutif.

Keenam, TPS 49, Kelurahan Rengas, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangsel. Kesalahan pada penggunaan e-KTP luar daerah Kota Tangsel (tanpa A5) ada 14 orang. PSU untuk kertas suara eksekutif dan legislatif. Dilaksanakan pada Rabu, 24 April 2019.

Ketujuh, TPS 71, Kelurahan Cempaka Putih, Kecamatan Ciputat Timur. Kesalahan pada penggunaan e-KTP di luar daerah Tangsel dua orang (tanpa A5). PSU untuk semua tingkatan eksekutif dan legislatif. Dilaksanakan pada Rabu, 24 April 2019.

Kedelapan, TPS 5, Kelurahan Cipocok Jaya, Kecamatan Cipocok, Kota Serang, Banten. Kesalahan pada tiga orang luar warga Provinsi Banten (tanpa A5), yang ikut mencoblos. PSU di semua tingkatan. Dilaksanakan pada Minggu, 21 April 2019.

Kesembilan, TPS 24, Kelurahan Ciloang, Kota Serang. Kesalahan terjadi pada KPPS mencoblos surat suara dan dimasukan ke kotak suara (ada 15 lembar surat suara untuk semua tingkatan). PSU dilakukan di semua tingkatan, eksekutif dan legislatif. Dilaksanakan pada Minggu, 21 April 2019.

Ke-10, TPS 1, Desa Bunar, Kecanatan Sukamulya, Kabupaten Tangerang. Kesalahan ada warga dari luar Kabupaten Tangerang yang tidak membawa A5 tetapi melakukan pencoblosan. PSU di semua tingkatan, eksekutif dan legislatif. Dilaksanakan pada Minggu, 21 April 2019.



Sumber: Suara Pembaruan