Perayaan Paskah di Katedral Angkat Tema Sila Keempat Pancasila

Perayaan Paskah di Katedral Angkat Tema Sila Keempat Pancasila
Umat Katolik mengikuti Misa Paskah di Gereja Katedral Jakarta, Minggu (21/4/2019). Perayaan Paskah untuk memperingati kebangkitannya Isa Almasih tersebut mengangkat tema Kita Berhikmat, Bangsa Bermartabat. ( Foto: Antara / Wahyu Putro A )
/ BW Minggu, 21 April 2019 | 14:49 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Perayaan Paskah di Gereja Katedral Jakarta mengangkat tema yang berasal dari sila keempat Pancasila, yakni "Kita Berhikmat-Bangsa Bermartabat".

"Tema ini membangkitkan semangat yang mendorong kita semua untuk menjadi pribadi, keluarga maupun komunitas yang berhikmat," ujar Uskup Agung Jakarta Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu (21/4/2019).

Uskup menjelaskan, setiap tahun pihaknya mengangkat tema yang berasal dari Pancasila. Dimulai dari 2016, yang berasal dari sila pertama yakni Ketuhanan Yang Maha Esa dan berakhir pada 2020 yang akan mengangkat tema dari sila kelima yakni Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Uskup menjelaskan, berhikmat memiliki cakupan yang luas, salah satunya cirinya yakni sejarah yang mempersatukan. Berhikmat dalam bahasa Pancasila memiliki makna serupa dengan menjadi makin sempurna dalam kesucian dalam bahasa Gereja Katolik.

"Ketika hikmat itu terwujud dalam hidup, dengan sendirinya martabat pribadi, keluarga, masyarakat kita akan terangkat. Hikmat adalah kearifan yang merupakan anugerah dari Allah," jelas dia.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia, Ignasius Jonan, mengatakan dengan semangat Paskah diharapkan bisa membawa kedamaian dan ketenangan.

"Pemilu telah usai, kita kembali menjadi satu bangsa. Satu negara yang kompak yang mendukung dan membantu satu sama lain," jelas Jonan.



Sumber: ANTARA